TELUKKUANTAN - Pjs Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Roni Rakhmat meminta masyarakat tak melakukan alih fungsi pahan pertanian.

Hal itu disampaikan Roni saat panen raya padi di Desa Teberaupanjang Kecamatan Gunungtoar, Selasa (20/10/2020). Panen raya ini juga dihadiri Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Riau Syahfalefi.

"Kami sangat berharap masyarakat tidak alih fungsi lahan. Lahan pertanian ini tanam saja dengan tanaman seperti padi dan atau palawija lainnya. Jangan sampai, ini sawah ditanam sawit," ujar Roni didampingi Kepala Dinas Pertanian Kuansing Ir. Emmerson.

Dengan panen dua kali setahun, lanjut Roni, masyarakat Kuansing khususnya Teberaupanjang harus bersyukur. Sebab, masyarakat bisa meningkatkan produksi menuju swasembada pangan.

"Biasanya kan cuma sekali setahun, sekarang sudah dua kali. Dengan produksi yang meningkat, insya Allah bisa mengatasi krisis pangan di Kuansing," ujar Roni.

Roni mengajak seluruh masyarakat Kuansing untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong atau lahan tidur, agar ditanam dengan tanaman yang menopang kehidupan.

"Pemerintah akan senantiasa membantu masyarakat dalam meningkatkan produksi. Itu tugas pemerintah. Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan sarana prasarana pertanian," papar Roni.

Menurutnya, Pemkab Kuansing punya komitmen tinggi dalam meningkatkan ketahanan pangan sebagai antisipasi kelangkaan pangan. Karena itu, pemerintah akan selalu memikirkan bagaimana produksi meningkat.

"Kami sangat berharap, seluruh petani di Kuansing melakukan tanam dua kali setahun. Untuk teknisnya, kita minta Dinas Pertanian supaya tanam padi dua kali setahun merata," tutup Roni.***