PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Panitia Pemekaran Kota Baharu Pangaraian optimis bisa menggelar Musyawarah Besar (Mubes) Pembentukan Kota Pasir Pengaraian pada akhir tahun ini. Sekarang, panitia pemekaran terus melakukan sosialisai di kecamatan-kecamatan yang masuk dalam bagian dari rencana pembentukan kota pasir pengaraian.

Menurut Wakil Ketua Panitia Pembentukan Kota Pasir Pangaraian Jonaidi Dasa, saat ini tim telah melakukan sosialisasi di dua kecamatan yakni Kecamatan Rambah Samo dan Kecamatan Bangun Purba dalam sosialisasi ini. Tim mengklaim telah mendapat dukungan antusias dari masyarakat terkait rencana tersebut.

''Alhamdulilah, setelah dijelaskan kepada masyarakat, masyarakat menyadari dampak yang akan di dapat dari pembentukan kota itu, mereka alhamdulilah sangat mendukung,'' ungkap Jonaidi yang juga mantan Ketua KPUD Rohul itu.

Ditambahkan Jonaidi untuk kecamatan lain yang masuk dalam rencana pemekaran, yaitu kecamatan Rambah dan Kecamatan Rambah Hilir, tim dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan sosialisasinya. Lalu setelah mendapat dukungan dari seluruh komponen masyarakat di 4 kecamatan yang masuk dalam pemebentukan kota itu, tim lalu akan melakukan Mubes dan menentukan arah selanjutnya.

Ketika ditanya optimisme tim, terkait banyaknya usulan pemekaran yang di tolak oleh pemerintah, Jonaidi menyebut tim pemkeran tetap optimis, selama seluruh persyaratan terpenuhi. Namun sekarang, menurutnya, tim akan terlebih dahulu fokus untuk mensosialisasikan wacana pemekaran itu, sehingga mendapat dukungan dari masyarakat di kecamatan yang masuk dalam rencana pemekaran itu.

Perlu diingat pemekaran itu ada 2 komponen yang menentukanya, pertama ada dukungan besar dari masyarakat dan yang kedua ada persetujuan dari pemerintah daerah dan juga DPRD, jika ini terpenuhi, tentunya peluang wacana pemekaran itu cukup besar. Jonaidi berharap, terbentuknya Kota Pasir Pengaraian dapat berdampak pada, percepatan pembangunan dan memperpendek rentang di daerah ini.

Selain itu dengan geografis daerah ini yang jauh dari kota besar, diharapkan keberadaan kota ini bisa menarik masyarakat bagi masyarakat yang berada di daerah pinggir Rohul. ''Kota Pasir Pangaraian berada jauh dari beberapa kota besar dengan dibentuknya kota di Pasir Pengaraian diharapkan dapat menarik masyarakat-masyakat yang berada di daerah pinggir,'' tutup Jonaidi. (ram)