JAKARTA - Penyanyi dangdut senior Jhonny Iskandar meninggal dunia hari ini, Jumat (10/5/2024) pagi. Jhonny wafat dalam usia 64 tahun.

"Iya tadi pagi (Jhonny Iskandar meninggal), jam 08.30," kata keponakan Jhonny Iskandar, Dewi, melalui sambungan telepon, seperti dikutip dari Inews.id.

Jenazah Jhonny Iskandar disemayamkan di rumah duka di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor.

Jhonny Iskandar lahir di Madiun, Jawa Timur, pada 20 Oktober 1959. Kecintaannya pada musik dangdut sudah tumbuh sejak masih anak-anak. Namun, kedua orangtuanya tak merestui keinginan Jhonny menjadi pedangdut.

Meski begitu, dia tak menyerah mewujudkan mimpinya menjadi pedangdut. Di bawah bimbingan Ona Sutra, mendiang debut sebagai penyanyi dengan lengkingan suara dan penampilan nyentrik khasnya. 

Jhonny Iskandar memang dikenal dengan penampilannya dengan rambut gondrong, kacamata bolong, dan topi yang membuat dia berbeda dengan pedangdut lainnya di era tersebut. 

Sepanjang era 1980 hingga 1990-an, Jhonny Iskandar menuai popularitas sebagai pedangdut solo maupun vokalis grup dangdut Orkes Moral Pengantar Minum Racun (OM PMR), lewat lagu Bukan Pengemis Cinta, Judul-Judulan, Ada Gak Ada dan lainnya.

Dua Kali Mati Suri

Ada banyak cerita dan kenangan yang ditinggalkan oleh penyanyi era 80-an itu. Satu diantaranya, Jhonny Iskandar pernah mengalami mati suri. Hal ini diakui sendiri oleh Jhonny ketika menjadi bintang tamu dalam acara Call Me Mel yang dipandu oleh Melaney Ricardo dan Ichsan Akbar pada 2019 lalu.

Dia mengisahkan pengalamannya yang pernah mengalami mati suri di tahun 2009. Jhonny Iskandar mengatakan, kejadian mati suri yang dialami olehnya karena tersengat listrik saat mengangkat besi tiang listrik yang ada di rumah tiga lantainya.

Saat hendak menarik besi itu, rupanya ujung besi menyentuh rentetan kabel listrik yang ada di atas sehingga mengakibatkan dua tersetrum listrik bertegangan tinggi.

"Saat tersetrum, saya mengalami mati suri. Memang enggak sampai berhari-hari ya paling 5 menit. Tapi kan orang normal nggak mungkin tahan napas sampai 5 menit ya, makanya itu sempat ‘lewat’," kata Jhonny dalam acara yang disiarkan Inews TV.

Jhonny saat itu mengaku bisa melihat badannya sendiri. Bahkan, hal serupa dialami Jhonny Iskandar dalam kejadian berbeda yakni saat bersemedi.

"Karena ruh saya itu keluar dari dalam tubuh. Sebenarnya, hal seperti ini juga pernah saya alami saat semedi, tapi keluarnya dari ubun-ubun kepala. Kalau dari jidat itu biasanya nggak balik lagi," katanya.

Kala itu, Jhonny bahkan sempat ikhlas jika ajalnya datang, mengingat ruhnya disinyalir keluar dari jidat.

"Saya teriak sekencang-kencangnya dalam hati menyebut nama Tuhan, dan nggak lama listrik itu meledak. Tangan saya yang tadinya nempel kemudian lemas dan akhirnya bisa terlepas," ujarnya.***