BENGKALIS, GORIAU.COM - Pemkab Bengkalis dan PT Chevron siap saling memberikan dukungan untuk mempercepat pembangunan fasilitas bagi kepentingan umum di Kecamatan Mandau.Kepakatan itu tercermin pada pertemuan antara Pemkab Bengkalis dengan manajemen PT Chveron, Kamis (13/11/2014) lalu.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan salah satu ruang rapat di kompleks PT Chevron Duri itu, delegasi Pemkab Bengkalis langsung dipimpin Bupati H Herliyan Saleh. Sementara dari  manajemen PT Chevron diwakili GM SLO, Suharsono Darmono didampingi Manager PGPA, Iwan Azof.Ketika membuka pertemuan yang merupakan tidak lanjut pertemuan-pertemuan sebelumnya, Suharsono mengatakan, PT Chevron sepenuhnya akan mendukung setiap upaya yang dilakukan Pemkab Bengkalis mempercepat keberhasilan pembangunan di Mandau.

Selain mengucapkan terima kasih atas dukungan PT Chevron dalam mempercepat pembangunan Jalan Lintas Timur dan Lintas Barat Kota Duri, Bupati juga berharap dukungan serupa dapat diberikan untuk kegiatan pembangunan lainnya.

Salah satu dukungan yang sangat sangat diapresiasi Herliyan, adalah kesediaan PT Chevron untuk menurunkan ketinggian pipa minyak utama sedalam sekitar 1,8 meter di kawasan Duri 12 arah Dumai yang terkena proyek pembangunan Jalan Lintas Timur Kota Duri.

Dukungan lain yang diminta Herliyan adalah agar PT Chevron dapat mengaspal beberapa ruas jalan milik perusahaan minyak itu yang menuju ke Jalan Lintas Barat atau Lintas Timur Kota Duri tersebut. Herliyan juga berharap PT Chveron dapat menghibahkan lahan untuk dijadikan taman Kota Duri.

Karena belum ada bukti penyerahan hitam di atas putih hingga saat ini pembangunan Taman Kota Duri belum dapat direalisasikanPenyerahan dengan bukti hitam di atas putih itu juga diharapkan Herliyan untuk lahan-lahan yang saat ini atas izin PT Chevron sudah dibangun sejumlah sekolah.

''Karena belum ada sertifikatnya, banyak bantuan Pemerintah Pusat yang seharus dapat diterima sekolah-sekolah tersebut menjadi tersendat,'' jelas Herliyan seraya memberikan tamsil penyerahan lahan dari PT Chevron ke Pemkab Bengkalis tak ubahnya memindahkan uang dari saku kiri ke saku kanan. ''Pemilik celananya sama, negara juga,'' sambungnya.

Di bagian lain dan sebagaimana di Jalan Lintas Timur, untuk kelancaran pembangunan Jalan Lintas Barat, Herliyan juga meminta kesediaan PT Chevron melakukan rekayasa agar dapat menurunkan pipa minyak yang juga bakal terkena pembangunan jalan tersebut.

''Kalau untuk kelancaran pembangunan Jalan Lintas Timur yang ukuran pipa besar saja mau dan bisa, tentu untuk Jalan Lintas Barat yang ukuran pipanya lebih kecil PT Chevron tentu lebih mau dan lebih bisa,'k harap Herliyan seraya mengatakan Pemkab Bengkalis akan mendukung pembentukan Akademi Komunikasi oleh PT Chevron.

Di ujung pertemuan baik Suharsono maupun Iwan kembali menyampaikan komitmen Chevron yang akan mendukung sepenuhnya upaya Pemkab Bengkalis untuk mempercepat pembangunan fasilitas bagi kepentingan umum di Kecamatan Mandau. Namun karena ada prosedur tetap yang harus dilalui, katanya, dukungan itu tentu tidak bisa secepatnya dapat direalisasikan.

''Yang pasti seluruh harapan yang disampaikan Bupati Bengkalis dalam pertemuan ini akan segera disampaikan pada pimpinan untuk dapat dibahas sehingga sesegera mungkin juga dapat tindaklanjuti,'' kata Suharsono, sebelum meneutup pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam itu.

Sebagaimana disampaikan Kabag Humas Pemkab Bengkalis kepada wartawan, Jumat (14/11/2014), selain Kadis Pekerjaan Umum HM Nasir, ikut mendampingi Herliyan dalam pertemuan itu diantaranya Kadis Tata Kota, Tata Ruang dan Pemukiman Emri Juli Harnis, Kadis Pendidikan H Herman Sani serta Kadis Pasar dan Kebersihan Indra Gunawan.

Kemudian, sambung Johan yang juga hadir saat pertemuan itu berlangsung, Kadis Kesehatan H Sukri, Kaban Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa H Ismail, Kadis Pertambangan dan Energi Heri Indra Putra, Camat Mandau H Hasan Basri, dan Lurah Balai Raja H Amiruddin.(jfk)