PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Pemkab Rokan Hulu melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Kadisnakan) Kabupaten Rokan Hulu, merencanakan akan membangun obyek wisata peternakan kerbau di Desa Bangun Purba Timur Jaya (BPTJ), Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu.

Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rokan Hulu, Indra Juni di Pasir Pangaraian, Rabu (29/10/2014) mengatakan, Bupati Rokan Hulu Achmad sudah pernah turun ke lapangan untuk memantau lokasi tersebut, kemukinan akan dilakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kabudpar) Rokan Hulu untuk mematenkan lokasi tersebut sebagai obyek wisata peternakan.

''Lokasi wisata peternakan itu tak ubahnya seperti lapangan golf, luasnya lebih dari 100 hektar, sebab ada lima kelompok tani (Koptan) ternak kerbau masing-masing kelompok peternakan kerbau tersebut lahannya sekitar 20 hektar,'' ungkap Indra Juni.

Kemudian dijelaskannya, setiap Kelompok itu memiliki sekitar 200 ekor kerbau, diperkirakan jumlah ternak kerbau di sana mencapai 2000 ekor lebih.

''Kini kita masih tahap rancangan pengembangan potensi tersebut sebagai wahana obyek wisata peternakan, sebab lapangannya yang luas dan indah juga bagi peneliti kerbau bisa melihat perkembangan kerbau di tempat ini," ucapnya.

Tambahnya, lokasi obyek wisata peternakan itu berada di tiga desa yaitu, Desa Menaming dan Tanjung Belit Kecamatan Rambah, kemudian Desa BPTJ Kecamatan Bangun Purba. Tanahnya hanya dimilik masyarakat dan tidak diperjualbelikan sebab itu hanya dimanfaatkan untuk tiga desa. (ram)