PEKANBARU - Kota Pekanbaru mendapatkan jatah 5.600 vaksin pada penerimaan tahap pertama, yang diutamakan untuk tenaga kesehatan. Vaksin virus Corona tersebut saat ini sudah sampai di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau sejak Selasa (5/1/2021) pagi tadi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan bahwa terkait penyaluran vaksin tersebut, pihak Pemko Pekanbaru masih menunggu arahan Pemprov Riau.

"Kita menunggu. Kabarnya diserahkan ke kabupaten kota di Riau ini pada tanggal 12 Januari," ujar Jamil.

Ia menjelaskan, jika vaksin sudah dibagikan kepada kota, selanjutnya dijadwalkan dibagikan secara serentak pada 14 Januari mendatang. Pemko Pekanbaru masih akan menggelar rapat untuk memutuskan teknis pembagian vaksin tersebut.

"Lokasi belum kita rapatkan. Kita menunggu arahan pimpinan apakah kita pusatkan di dua atau tiga tempat. Karena satu tempat tidak mungkin karena ramai. Tentu kita tunggu arahan dulu. Untuk kekurangan bukan tanggung jawab kita, itu pemerintah pusat melalui provinsi," pungkasnya.

Berdasarkan informasi lainnya, data Provinsi Riau, yang nakes terisi di Pekanbaru sebanyak 7.286. pada tahap satu, penerima vaksin sebanyak 2.700 tenaga kesehatan. Sedangkan tahap II, sebanyak 2.900. Artinya, ada kekurangan sebanyak 1.686.***