BENGKALIS, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi Riau selaku pengelola kapal feri penyeberangan Dumai - Rupat diminta untuk menambah trip penyeberangan minimal 3 trip. Keinginan tersebut dilatarbelakangi makin tingginya pengguna jasa penyeberangan, terutama ketika lebaran makin dekat.

''Mengacu kepada tahun-tahun sebelumnya, aktifitas masyarakat yang menggunakan jasa feri penyeberangan makin meningkat seiring dengan makin dekatnya lebaran. Kita minta kepada Pemerintah Propinsi Riau agar bisa menambah trip penyeberangan dari dua trip menijadi minimal tiga trip,'' ujar anggot DPRD Bengkalis asal Rupat, Muhamad Nasir, Senin (22/7/2013).

Dikatakan dengan kondisi sekarang saja dimana penyeberangan yang dilakukan sebanyak dua trip belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan menyeberang. Hal itu akibat dari meningkatnya jumlah pengguna jasa penyeberangan setiap harinya, termasuk kendaraan roda empat.

''Untuk mobil L 300 saja setiap harinya ada sekitar 20 buah lebih yang menyeberang. Tidak cukup kalau hanya roro beroperasi 2 trip sehari,'' katanya lagi.

Apalagi menjelang lebaran dimana masyarakat Rupat yang sukses di rantau banyak yang pulang kampung. Sudah bisa pastikan jumlah penumpang akan meningkat drastis baik orang maupun barang dan kendaraan. Mustahil rasanya akan bisa terlayani kalau hanya mengandalkan dua trip penyeberangan.

''Kalau tambah kapal mungkin prosesnya agak rumit tapi kalau tambah trip saya rasa bisa. Kapal yang ada masih mampu untuk melakukan tiga trip penyeberangan,'' kata Nasir.

Di sisi lain, sambung Nasir lagi, tidak tertutup kemungkinan Pemkab Bengkalis juga memberikan bantuan dengan mengoperasikan kapal penyeberangan milik Pemkab ke Rupat, karena walau bagaimanapun, Rupat merupakan bagian dari Kabupaten Bengkalis.

''Pemda kan punya satu kapal penyeberangan, bisalah diperbantukan untuk melayani penyeberangan Dumai - Rupat. Jangan hanya fokus untuk penyeberangan Bengkalis - Pakning saja,'' tutupnya.(jfk)