PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi Riau salurkan bantuan beasiswa kepada 3.974 mahasiswa, dengan total mencapai Rp 21.035.500.000. Dana tersebut sudah bisa dicairkan mulai tanggal 19 September hingga 10 Oktober mendatang.

Menurut keterangan yang disampaikan Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat, Syahrial Abdi melalui Kabag Pendidikan dan Agama, Anshari Kadir proses pencairan dilakukan di Biro Administrasi dan Kesra yang berlokasi di Gedung Dharma Wanita, Jalan Diponegoro Pekanbaru. "Pencairannya setiap jam kerja," jelasnya, Rabu (18/9/2013).

Dijelaskan Anshari, pencairan yang dilakukan di Gedung Dharma Wanita dengan nominal dibawah Rp 5.000.000 akan dibayar tunai. Sementara itu, nominal diatas Rp 5 juta akan ditransfer ke rekening mahasiswa bersangkutan.

Untuk proses pencairan tersebut, Anshari meminta kepada mahasiswa yang bersangkutan untuk hadir dan tidak bisa diwakilkan kepada siapapun. Pasalnya, pada berkas tersebut ada yang harus ditandatangani penerima bantuan. "Untuk nama-nama siapa saja yang mendapat bantuan beasiswa, bisa dilihat di Gedung Dharma Wanita," katanya.

Anshari menambahkan, total bantuan beasiswa yang disalurkan Pemprov Riau melalui Biro Kesra meningkat 100 persen dari total tahun sebelumnya. Dimana, pada tahun 2012 lalu, Pemprov hanya menyalurkan sekitar Rp 10 Miliar.

Begitu juga dengan jumlah penerima, pada tahun sebelumnya hanya 3118 mahasiswa yang menerima bantuan beasiswa tersebut. Untuk tahun ini ada 3974 mahasiswa. Artinya ada penambahan sekitar 856 orang.

Menyinggung tentang jumlah yang akan diterima mahasiswa bervariasi. Sesuai dengan kriteria yang ada. Untuk mahasiswa S1 kurang mampu yang kuliah di Riau mendapat bantuan sebesar Rp 3,5 juta. Jika di luar Riau mendapat bantuan Rp 3 juta. Sementara itu, untuk S2 dalam Provinsi menerima bantuan sebesar Rp 4,5 juta. Untuk S2 diluar Riau akan menerima bantuan sebesar Rp 5 juta. S2 luar negri sebesar Rp 7 juta. S3 dalam Provinsi Riau Rp 8 juta. S3 luar provinsi Rp 9 juta, dan S3 luar negeri Rp 10 juta.

Selain itu, untuk penerima beasiswa S2 dalam provinsi menerima bantuan sebesar Rp 10 juta, S2 luar provinsi Rp 20 juta, S2 luar negeri Rp 22 juta, S3 dalam provinsi Rp 25 juta, S3 luar provinsi Rp 27 juta dan S3 luar negeri Rp 30 juta.

Setelah mahasiswa menerima bantuan beasiswa tersebut, Anshari berharap segera menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggarannya kepada Gubri melalui Biro Adm Kesra Setda Riau.

"Untuk penyerahan secara simbolis akan dilakukan besok, Kamis (19/9/2013), di Gedung Dharma Wanita," tutup Anshari.(san)