PEKANBARU, GORIAU.COM - Dalam rangka memperingati Hari Palang Merah Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 Mei, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk., pengelola ritel Alfamart menyelenggarakan kegiatan donor darah pada ini Kamis (8/05) di Kantor Cabang Alfamart Pekanbaru.

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan bekerja sama dengan UDD PMI Kota Pekanbaru diikuti oleh 200 karyawan Alfamart.

Menurut Branch Manager Alfamart Pekanbaru Sulardi, pelaksanaan donor darah hari ini memperoleh 50 kantung darah dan banyak yang di tolak karena tidak memenuhi syarat dari PMI.

"Pelaksanaan donor darah di lingkungan kantor merupakan fasilitas bagi para karyawan, agar tetap dapat mendonorkan darah di sela-sela aktivitas kerja," ujarnya.

Dijelaskan, karyawan yang mendonorkan darah didominasi oleh karyawan berusia muda."Karyawan muda lebih banyak yang mendonorkan darah. Hal ini sangat bagus, karena dengan membiasakan diri mendonorkan darah di usia muda dapat mendorong terbentuknya gaya hidup sehat. Manfaat gaya hidup sehat mungkin belum terlihat saat ini, namun nanti pada saat memasuki usia lanjut," paparnya.

Sementara itu, menanggapi pelaksanaan donor darah di lingkungan kantor Alfamart, Ketua Operational Donor Darah PMI Pekanbaru, Dr. Renny, memberikan apresiasi pada kegiatan tersebut. Menurutnya, dibutuhkan mitra-mitra yang mau bekerja sama guna membantu memenuhi kebutuhan darah ini, salah satunya peran swasta.

"Kebutuhan akan darah terus bertambah, kegiatan donor darah yang dilaksanakan secara konsisten membantu PMI untuk memenuhi stok darah. Setetes darah dari pendonor sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan," ucapnya.

Dr.Renny juga mengatakan donor darah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terlebih jika dilakukan secara teratur. "Selain membantu sesama, donor darah punya banyak manfaat bagi tubuh antara lain menurunkan kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah radikal bebas, serta manfaat lainnya. Dengan melakukan donor darah setiap tiga bulan sekali, secara tidak langsung pendonor rutin melakukan pemeriksaan kesehatan," tutupnya.(adi)