RENGAT - Mengakui bahwa dirinya termasuk salah seorang yang dibesarkan oleh program transmigrasi dan bahkan kemajuan sejumlah wilayah di Kabupaten Indragiri Hulu tidak terlepas dari keberhasilan program transmigrasi, Bupati Inhu H Yopi Arianto langsung memimpin rapat akhir persiapan peringatan hari Bhakti Transmigrasi 2016.

"Transmigrasilah yang membesarkan saya, termasuk daerah ini," ujar Yopi pada peserta rapat Hari Bhakti Transmigrasi ke 60 di Aula Bappeda dan Litbang Inhu, Rabu (7/12/2016).

Baca Juga: Dipusatkan di Kuala Cenaku, 42 Tumpeng dari Desa Ekstran akan Meriahkan Hari Bhakti Transmigrasi di Inhu

 Tahun ini, peringatan Hari Bhakti Transmigrasi di Kabupaten Inhu dipusatkan di Kecamatan Kuala Cenaku. Dipilihnya Kuala Cenaku sebagai pusat penyelenggaraan karena wilayah ini pertamakali program transmigrasi di Kabupaten Inhu dilaksanakan.

 Melalui momentum peringatan Hari Bhakti Transmigrasi tersebut, perjuangan keluarga besar eks transmigrasi di Inhu yang saat ini telah merasakan perubahan positif dalam kehidupan tentu harus diingat dan dihargai.

 "Saya ingin kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi bagi keluarga besar ekstransmigrasi di Inhu, sekaligus untuk menggugah naluri masyarakat yang telah berhasil agar tidak melupakan perjuangan masa transmigrasi dulu serta dapat berbuat lebih baik bagi Kabupaten Inhu," tegasnya.

Baca Juga: Kuatkan Tuntutan JPU, Hakim Jatuhkan Vonis 20 Tahun Terhadap Terdakwa Pembunuhan Sadis di Inhu

 Oleh sebab itu, peran aktif serta kontribusi dari semua pihak untuk ikut mensukseskan kegiatan  ini tentu sangat diperlukan. "Bagi masyarakat desa yang tidak ikut serta dalam acara tersebut, diperkenankan untuk menggelar acara di desa masing-masing sebagai wujud syukur atas kemajuan dan perkembangan yang telah dirasakan," tandasnya.

 Sesuai jadwal, rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhakti Transmigrasi itu akan dimulai dengan senam pagi bersama yang akan dilanjutkan dengan pengecekan kesehatan gratis serta dialog antara Bupati Inhu H Yopi Arianto bersama para pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan serta tokoh ekstransmigrasi dari berbagai desa yang ada di Inhu. 

 Dilanjutkan, pada malam harinya bupati akan menyerahkan sertifikat lahan transmigrasi secara simbolis dan ditutup dengan hiburan kesenian wayang kulit semalam suntuk.

 Sedangkan sebagai puncak peringatan, pelaksanaan apel akbar akan dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Kecamatan Kuala Cenaku yang diikuti oleh ratusan perwakilan tokoh ekstransmigrasi  dari 42 desa serta beberapa tokoh ekstransmigrasi dari kabupaten tetangga antara lain Kabupaten Kuantan Singingi, Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hilir.*** #INHU