DUMAI, GORIAU.COM - Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Dumai, pada Senin (19/5/2014) melaksanakan Gelar Operasi Simpatik yang dipusatkan di Halaman Mapolres, Jalan Jendral Sudirman Dumai. Apel yang digelar oleh Polres Dumai ini tentunya dalam rangka kesiapan satuan yang ada di Polres Dumai jelang Operasi Ketupat tahun 2014.

Hal itu sudah dilaksanakan, karena, sebentar lagi operasi tersebut bakal digelar menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri. ''Apel yang dilaksanakan ini ialah sebagai bentuk kesiapan kita jelang Operasi Ketupat tahun 2014, sehingga kita melaksanakan operasi simpatik terlebih dahulu,” terang Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Dumai, AKP Jaka Wahyudi kepada awak media, usai Apel Senin pagi itu.

Diterangkan AKP Jaka, Operasi tersbeut bakal berlangsung selama 21 hari. Yang dimulai pada Senin (19/05) ini hingga 08 Juni 2014 mendatang. ''Dan dalam operasi itu, sebanyak 60 personel Polres Dumai ikut dilibatkan,'' bebernya.

Pada operasi ini, Imbuh AKP Jaka, lebih mengedepankan edukasi pada masyarakat tentang pentingnya berkendara yang baik ketika berada di Jalan Raya serta dapat mematuhi semua aturan dan tata tertib lalu lintas, dengan harapan semua masyarakat Dumai telah disiplin dalam berlalu lintas.

''Jika masyarakat Dumai telah tertib dan disiplin dalam berlalu lintas, tentunya tidak membahayakan dirinya sendiri maupun pengendara lainnya,” harap Kasat Lantas.

Walau demikian, tegas AKP Jaka, bila memang ada pelanggaran yang dilakukan para pengendara, maka mereka (pengendara,red) bakal ditindak.

''Meski kita masih mengedepankan dialogis, tapi saat pengendara melakukan pelanggaran dan membahayakan pengguna jalan, bisa saja ditindak secara hukum,” tegas Kasat Lantas.

Sementara itu, pada kesempatan Gelar Pasukan kemarin, Kepala Polres Dumai AKBP Yudi Kurniawan menyebut, selain jelang operasi ketupat 2014, Operasi Simpatik 2014 juga merupakan operasi pengamanan jelang kampanye Pemilu Presiden.

Apalagi keramaian masyarakat jadi potensi kerawanan yang muncul jelang Pesta Demokrasi lima tahunan tersebut. Hal itu jadi perhatian pihak kepolisian. Terutama mengantisipasi Pelanggaran Lalu lintas dan meminimalisir Kecelakaan lalu lintas.

''Mobilitas massa juga bakal tinggi. Bahkan mereka kerap datang dalam jumlah banyak,” imbuh Kapolres Dumai. (akid)