RENGAT, GORIAU.COM - Pengurus Persatuan Olah Raga Berburu Babi (Porbi), Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) meliputi Kecamatan Rengat, Rengat Barat, Seberida, Pasir Penyu, Peranap dan Lirik menggelar acara berburu alek (pesta berburu). Acara dipusatkan di Kecamatan Lirik, Minggu (18/5/2014).

Ketua Porbi Inhu, Drs. H Rafei, saat dikonfirmasi GoRiau.Com Sabtu malam (17/5/2014) di Lirik mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan Porbi Inhu. Ini adalah kali ketiga sejak tiga tahun terakhir dilokasi yang sama.

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin Porbi Inhu dan sudah digelar sejak tiga tahun terakhir, di lokasi yang sama. Berburu alek ini sekaligus dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan", sebut Rafei.

Dijelaskannya, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan olahraga berburu babi dikalangan masyarakat dan segaligus membantu masyarakat membasmi hama babi hutan.

Selain itu, alek berburu ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan silahturahmi sesama anggota Porbi, baik antara anggota dan pengurus Porbi Inhu maupun dengan anggota Porbi yang datang dari luar Inhu dan bahkan dari luar Riau dan masyarakat pada umumnya.

Masih katanya, acara alek berburu ini akan dihadiri diperkirakan 1.500 peserta yang datang dari tiga provinsi yang kita kirimkan undangan, yaitu Provinsi Sumbar, Riau dan Jambi.

Masih kata Tim Pemenangan Partai Gerindra Inhu itu, sebelum pelaksanaan acara berburu alek, untuk menunggu kehadiran para tamu undangan, malam ini panitia penyelenggara menyuguhkan acara kesenian tradisional dari Sumatera Barat berupa 'Saluang', dengan tema "bagurau kito samalam suntuak".

Maka dari itu, kita berharap kegiatan ini nantinya dapat berjalan sukses dan lancar, serta dapat membantu masyarakat dan petani dalam memerangi hama babi hutan, tukasnya. (jef)