PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Status darurat asap yang sampai saat ini masih melanda Bumi Lancang Kuning, sungguh menjadi keprihatinan  bersama. Oleh karena itu pada 1 Oktober 2015, PT. Pusaka Megah Bumi Nusantara (PT.PMBN) kembali menggelar pengobatan gratis bagi warga yang terkena dampak ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan).

Kalau sebelumnya pengobatan gratis diselenggarakan di Kecamatan Bandar Sikijang (22/09/2015), maka kali ini pengobatan gratis dilaksanakan di Kecamatan Pangkalan Kerinci, tepatnya di Lapangan Badminton, Desa Rantau Baru, Kabupaten Pelalawan.

Menurut Manager PT. PMBN, Parlindungan Pardosi mengatakan dilaksanakannya pengobatan gratis di desa yang berbeda, agar lebih banyak lagi masyarakat yang mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. ''Kalau sebelumnya kami melakukan pengobatan gratis di Desa Bandar Sikijang, kali ini kami lakukan di Desa Rantau Baru, hal ini semata-mata agar semakin luas jangkauan pengobatan gratis yang dapat kami berikan bagi warga yang terkena ISPA,'' ujarnya.

Selain itu ia juga menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan atas musibah asap yang terjadi. ''Bahkan agar semakin banyak masyarakat yang terlayani kesehatannya, maka selama masa darurat asap ini, kami membuka klinik kebun untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga sekitar perusahaan yang mengalami ganguan ISPA,'' ujarnya menambahkan.

Sementara itu Kepala Desa Rantau Baru, M. Sahir menyambut baik bhakti sosial perusahaan ini. ''Warga kami merasa sangat terbantu dengan adanya pengobatan gratis yang dilakukan perusahaan ditengah kondisi yang memprihatinkan ini,'' ujarnya. Beliau berharap agar pihak-pihak lain dapat menunjukkan kepedulian yang sama. Selain itu beliau mengatakan, bahwa pagi tadi warga desa juga sudah melakukan sholat istiqo’ bersama, bermohon agar hujan dapat segera turun. ''Sebelum acara pengobatan gratis dimulai, tadi pagi kami juga telah melakukan sholat istiqo’ bersama, agar hujan dapat segera turun sehingga asap dapat berkurang,'' ujarnya.

Pangobatan gratis yang dihadiri +/- 100 orang ini, dilayani oleh tim medis dari Puskesmas Pangkalan Kerinci dan Tim Kesehatan PT. PMBN. Kepala Puskesmas Pangkalan Kerinci, dr Erlinda menyambut baik kegiatan yang dilakukan perusahaan bekerjasama dengan puskesmas dan pemerintah desa setempat. Beliau berharap agar kegiatan ini dapat terus dilanjutkan sampai masa darurat asap berakhir. ''Kami Tim dari Puskesmas Pangkalan Kerinci tentu saja mendukung program pelayanan kesehatan masyarakat ini, sebab dengan adanya darurat asap ini warga yang menderita ISPA mengalami peningkatan yang tajam. Kami berharap bhakti sosial ini dapat terus dilanjutkan sampai masa darurat asap berakhir,'' ujarnya.

Herlina, warga Desa Rantau Baru merasa sangat terbantu dengan adanya pengobatan gratis ini sebab lokasinya langsung berada ditempat warga. ''Kami sangat terbantu dengan adanya pengobatan gratis yang dilakukan di desa kami, sehingga kami tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, bahkan kami juga mendapatkan vitamin dan masker yang memang saat ini kami butuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ditengah ganguan asap ini,'' ujarnya. (rls)