PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Pendidikan merupakan investasi terbesar bagi kehidupan. Untuk itu, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan, melalui penyediaan beasiswa bagi mahasiswa asal Pelalawan yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Mahasiswa Pelalawan se-Indonesia (IKMPI) yang berkuliah di Pekanbaru, Riau.

Sebanyak 19 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi tersebut memperoleh bantuan dana pendidikan dari RAPP yang diserahkan secara resmi, Kamis (1/10/2015) di ruang pertemuan Resmi Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT), Townsite 2, Pangkalan Kerinci.

Ketua IKMPI, Bukhori menyampaikan apresiasinya kepada RAPP atas beasiswa yang telah diberikan. Menurutnya, selain bantuan beasiswa, para pemuda asal Pelalawan ini juga dapat terus dibina oleh RAPP, terutama dalam menumbuhkan semangat wirausaha.

"Terimakasih banyak kepada RAPP atas bantuan beasiswa yang telah berlangsung selama 2 tahun ini. Ini juga merupakan salah satu program utama kami yang dibantu RAPP," papar Bukhori.

Susi Susanti (22), mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau ini mengaku terbantu dengan adanya beasiswa RAPP. Ia berharap dengan adanya kontribusi ini, mampu membuka mata pemuda-pemudi asal Pelalawan mengenai keberadaan RAPP.

"Orang tua saya petani, terkadang perekonomian naik-turun, ya Alhamdulillah dengan adanya bantuan dana pendidikan ini kami menjadi lebih lancar dalam membayar uang kuliah dan uang SKS," ujar dara berjilbab ini.

Senada dengan Susi, Aris Arianto (22), penerima beasiswa asli Pangkalan Lesung ini mengaku sangat terbantu dengan adanya beasiswa RAPP. Ia berencana akan memanfaatkan uang tersebut untuk keperluan biaya wisuda.

"Beasiswa dari RAPP selama ini saya manfaatkan untuk skripsi dan untuk yang baru cair ini saya akan gunakan untuk biaya wisuda soalnya cukup mahal," tutur mahasiswa yang aktif di berbagai organisasi kampus ini.

Campus Relations, Samsuriya M. Hasyim menyatakan pemberian beasiswa ke IKMPI ini memasuki tahun ke-2 sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mendukung program pemerintah khususnya peningkatan kualitas pendidikan.

"Dengan adanya beasiswa ini, kita berharap dapat meringankan beban orang tua para mahasiswa dan mereka semakin terpacu untuk belajar dan berprestasi demi perkembangan Pelalawan," jelas Samsuriya.

Samsuriya menekankan, pihaknya juga memberi peluang bagi para penerima beasiswa yang sudah lulus untuk bergabung bersama RAPP.

Selain penyerahan beasiswa yang mencapai total Rp 47,5 juta itu, juga diadakan diskusi antara IKMPI dengan perusahaan mengenai perkembangan RAPP. Diskusi yang berlangsung sekitar 1 jam ini juga dihadiri oleh perwakilan Manajemen RAPP, Mabrur AR, Community Development (CD), Vonne Kandou.

Beasiswa dengan rincian Rp 2,5 juta setiap orang per semester akan diberikan hingga studi selesai. Untuk mendapatkan beasiwa ini, para mahasiswa tersebut harus mendapatkan rekomendasi dari IKMPI dan melewati serangkaian seleksi administrasi maupun seleksi wawancara meliputi akademik, wawasan umum, dan kondisi keluarga.

Penerima beasiswa juga diwajibkan menjaga nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 selama masa perkuliahan.(***)