BAGANSIAPIAPI – Ajang MTQ XLII Tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai, secara resmi ditutup pada Sabtu (27/4/2024) malam. Penutupan berlangsung langsung meriah dan semarak.

Dalam ajang kali ini, Kafilah Rokan Hilir tampil sebagai yang terbaik pada Pawai Taaruf. Di mana Rohil meraih nilai sempurna yakni 999 poin. Angka ini cukup jauh meninggalkan Bengkalis yang berada pada urutan kedua dengan nilai 850. Sedangkan posisi ketiga diraih Indragiri Hilir dengan nilai 790.

Kafilah Rohil menjadi yang terbaik karena sukses tampil memukau dalam barisan yang kreatif, kompak, rapi dan indah. Sehingga Rohil diganjar dengan 999 poin, atau hanya kurang satu dari angka total, yakni 1.000.

Tak hanya itu, Rohil juga sukses meraih posisi pertama pada stand bazar. Di mana Rohil dinilai mampu menampilkan yang terbaik.

Selain itu, kafilah Rohil juga tampil sebagai juara pada beberapa cabang MTQ yang diperlombakan.

Berdasarkan Surat Keputusàn Dewan Hakim MTQ XLII (ke-42) Tingkat Provinsi Riau Nomor : kpts.II/DH/MTQ-XLII /D/2924 tanggal 27 April 2024, Kafilah Rohil menempati posisi keenam bersama Kabupaten Inhil dengan nilai poin 39.

SK tersebut ditandatangani Ketua Dewan Hakim, Mawardi M Saleh dan Sekretaris H Syofwan Muhajir.

Dievaluasi

Hasil yang dituai kafilah Rohil kali ini, memang ada penurunan dibanding ajang serupa beberapa waktu lalu. Khususnya jika melihat pada MTQ Riau Tahun 2022. Ketika itu Rohil berada pada posisi terbaik pertama dengan poin 95.

Terkait hal itu, sejumlah warga menilai perlu dilakukan evaluasi supaya hasil yang dituai pada masa mendatang menjadi lebih baik lagi. Termasuk dalam hal ini evaluasi terhadap LPTQ Rohil.

" Perlu evaluasi dan persiapan, pembinaan matang dalam setiap kalinya Rohil akan tampil. Termasuk pembinaan, karena beda dengan klub sepakbola, bisa main gonta-ganti, " ujar warga kepada GoRiau.com, Ahad (28/4/2024).

"Kalau penampilan Rohil dalam pawai ta'aruf itu satu-satunya ada barissn Forum Pendiri Kabupaten Rohil. Kabupaten dan ota lain di Riau mana ada, " ucap Syaiful Tarmizi.

Bahkan barisan kafilah Rohil langsung dipimpin Bupati Rohil Afrizal Sintong dan istri, Sanimar. Termasuk jajaran Forkopimda hingga barisan nelayan, petani, perkebunan dan lain-lainya.

"Sebagai masyarakat Rohil, kami apresiasi kerja keras kafilah Rohil. Untuk pencapaian ranking saat ini memang perlu ditingkatkan, diperbaiki. Termasuk pembinaanya, " harap Shafik, warga Rohil lainnya.

"Kita doakan ke depan lebih baik, pembinaannya lebih bagus dengan hasilnya tentu bagus juga. Selamat untuk Bapak Bupati Rohil yang telah bertungkus lumus untuk pencapaian terbaik Rohil di setiap iven," ujarnya lagi. ***