SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi meresmikan pemakaian musala As-Shomad yang berada di kawasan komplek perkantoran Tanjung Agung, Kecamatan Mempura, Jumat (13/2/15). Nama As-Shomad yang diberikan untuk musala itu, sebagai simbol bahwa dalam kehidupan ini, hanya bergantung kepada Allah SWT.

"As-Shomad itu salah satu Asmahul Husna atau nama-nama Allah, artinya yang menjadi tumpuan," kata Bupati.

Keberadaan musala ini merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah daerah dalam menyediakan tempat ibadah yang reprensetatif.

"Selama ini solat fardu dilaksanakan di kantor-kantor, dengan memaksimalkan ruangan yang tidak dapat menampung jamaah dalam jumlah yang banyak," kata Syamsuar.

Atas dasar itu, komplek perkantoran bupati, kantor SKPD maupun instansi vertikal lainnya memerlukan tempat ibadah refresentatif tersebut. "Terlebih disekitar sini juga tinggal masyarakat yang jumlahnya cukup banyak, serta musafir yang melintas juga memerlukan tempat singgah dan rehat sejenak sembari melaksanakan solat," jelasnya.

Dikatakan Syamsuar, musala As-Shomad juga dibangun untuk masyarakat luas, meskipun latar belakangnya dibangun karena kondisi ketersediaan tempat ibadah di perkantoran. "Nanti supaya masyarakat juga merasa memiliki, saya harap pembentukan pengurus musala ini juga melibatkan masyarakat sekitar," katanya.

Musala yang berdiri di lahan seluas 1,5 Ha dan dibangun sejak tahun 2012 ini diberi nama As-Shomad, sebagai simbol ketergantungan makhluk hanya kepada Allah SWT. Hadir dalam kegiatan tersebut Ustadz T.Zulkarnain, Wakil Bupati Drs H Alfedri,MSi, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Ketua MUI Siak, Forkompinda dan Kepala Kantor Kemenag.(rls)