SELATPANJANG, GORIAU.COM - Masyarakat Tanah Kuning Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, mengeluh karena listrik seringkali bermasalah. Rupanya, penyebab masalah kelistrikan di Tanah Kuning itu adalah daya yang tersedia tidak cukup menutupi pemakaian oleh masyarakat.

Demikian disampaikan Iskandar, selaku Ketua Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Tanah Kuning, ketika dihubungi GoRiau.com, Senin (31/3/2014) sore.Kepada GoRiau.com, Iskandar mengaku daya mesin mulai tidak tertampung dengan pemakaian masyarakat. PLTD di Tanah Kuning hanya menggunakan 1 dinamo berdaya 20KW, sedangkan satu dinamo lainnya dalam keadaan rusak."Memang betul keluhan yang disampaikan masyarakat Tanah Kuning tentang kelistrikan itu. Tapi, itu semua di luar kemampuan kami," katanya menjawab GoRiau.com.Kata Iskandar lagi, pemakaian masyarakat tidak dapat dibatasi. Banyak masyarakat menambah daya tanpa memberitahu kepada pengurus PLTD sehingga, ini berdampak pada ketersediaan daya yang hanya 20 KW itu. Ditambah lagi, kata Iskandar hampir 90 persen pelanggan PLTD tidak menggunakan Mini Circuit Breaker (MCB)."Pemakaian masyarakat tidak dapat dibatasi. Kalau mereka menambah daya seenaknya saja, ditambah banyak pelanggan kita yang tidak menggunakan MCB, inilah yang menjadi penyebab daya kita tidak mampu lagi. Kita telah berkali-kali minta masyarakat menggunakan MCB, tapi mereka tidak peduli," tambah Iskandar.Kata Iskandar juga, mereka juga sudah mencarikan solusi tentang permasalahan ini. Mereka juga sudah minta bantuan mesin baru ke Distamben Kabupaten kepulauan Meranti, namun tidak ada bantuan dari Distamben Meranti pada tahun 2013 lalu.Permasalahan itu pula juga sudah disampaikan ke Kepala Desa. Namun menurut kepala desa, listrik PLN baru bisa disambungkan ke Tanah Kuning kalau jembatan penyeberangan sudah tuntas dibangun.Saat ini banyak masyarakat mengeluh akibat daya listrik yang dihasilkan dari PLTD sering tidak mencukupi. Ketidakcukupan daya ini pula telah menyebabkan banyak peralatan elektronik masyarakat menjari rusak.(zal)

Punya info menarik di sekitar anda atau ingin berbagi berita silahkan sms ke 081275940999 atau via email: [email protected] (lengkapi data diri atau instansi untuk berita warga dan rilis)