SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Pelaksanaan sholat id yang dilaksanakan di halaman Mapolres Siak, Kamis (8/8/2013) berlangsung khidmat. Ribuan masyarakat yang berada di sekitar Mapolres hadir untuk menunaikan ibadah sholat hari raya tersebut.

Hadir pada sholat id Kapolres Siak AKBP Sugeng Putut Wicaksono serta jajaran perwira di lingkungan Mapolres Siak, tokoh masyarakat,serta jemaah. Juga hadir camat Dayun Drs.Marwoto.

Bertindak sebagai khatib DR Mawardi LC, MA. Dalam pidatonya, Mawardi mengingatkan umat muslim untuk senantiasa menjalin silaturahim. ''Hidup ini harus disyukuri dan saling menjaga dan memperbanyak silaturahim antar umat muslim,'' ujar Mawardi.

Selain itu dikatakan Mawardi, dalam moment hari raya bisa saling memaafkan terlebih kepada orang tua kita. ''Dengan mengerjakan sebulan penuh puasa ramadhan dengan yang fitrah merubah cara perilaku hidup yang menjadi lebih baik lagi. Kita seperti lahir kembali setelah menjalani bulan puasa,'' papar Mawardi.

Lanjut Mawardi, hidup di dunia hanya sementara untuk itu selama masih hidup didunia maka pergunakanlah dengan sebaik-baiknya untuk memperbanyak beribadah, melaksanakan apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT dan menjauhi apa yang menjadi larangannya karena apa yang kita perbuat akan dipertanggungjawabkan nanti di akhirat.

''Marilah kita sama-sama berdoa dan memohon ampun apa yang telah kita perbuat serta dosa-dosa yang kita telah lakukan, di hari yang fitri ini marilah kita saling berbagi antar sesama umat muslim, jangan sampai ada di sekitar rumah dan lingkungan kita yang masih kesusahan, kunjungilah mereka, pertanyakan kabar mereka,'' papar Mawardi.

Pantauan di lokasi shalat id di Mapolres Siak tersebut meskipun kondisi lapangan basah karena sebelumnya diguyur hujan, tidak menyurutkan para jemaah melaksanakan shalat id dengan khusuk. Usai shalat jemaah, yang hadir mendapatkan bingkisan dari Kapolres Siak yang dibagikan oleh anggota kepolisian Polres Siak di gerbang pintu masuk maupun keluar. (sks)