PEKANBARU - Misteri suara ledakan besar yang terdengar jelas di Desa Kapau, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (30/11/2015) siang tadi, diduga kuat berasal dari pesawat F-16 milik Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, yang sedang melakukan uji mesin baru.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Henri Alfiandi menyebutkan, bahwa tadi pagi, ada pesawat jenis F-16 yang sedang melakukan uji terbang dengan menggunakan mesin baru, yang disebut-sebut melampaui kecepatan suara ini.

"Saya belum tahu pasti, tapi saya selidiki tadi pagi ada terbang pesawat kita (F-16). Pesawat itu baru ganti mesin terus dilakukan pengujian terbang. Kecepatannya melampaui kecepatan suara," bebernya melalui sambungan telepon, Senin siang.

Ia juga memastikan kalau suara mirip ledakan ini bukanlah bom, melainkan sonic bom. "Itu lah yang saya analisa, suara pesawat yang mungkin didengar orang mirip suara ledakan. Ini normal, uji ketinggian juga (normal,red). Sudah standar internasional," yakin Danlanud.

Sebelumnya, warga Desa Kapau, Siak Hulu, Kabupaten Kampar dibikin geger dengan suara mirip ledakan besar. Pihak Angkasa Pura II juga telah memastikan tidak ada pesawat komersil yang mengalami accident penerbangan. Bahkan Kapolsek juga menyatakan hal serupa.

"Kita sudah koordinasi dengan bidang pengatur lalu lintas udara, tidak ada accident penerbangan," tegas General Manager Angkasa Pura II, Jaya Tahoma. "Kalau terkait pesawat jatuh, kita sudah selidiki dan tidak ada," imbuh Kapolsek Siak Hulu, Kompol P Zalukhu. ***