TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau H. Sukarmis mengaku bangga dengan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kuansing Desember mendatang. Menurut Sukarmis, enam orang tersebut merupakan putra-putri terbaik Kuansing yang akan melanjutkan estafet pemerintahan darinya.

"Hati saya berdebar-debar, rasanya Pilkada 2011 masih seperti sebulan lalu. Apalagi, ada Pak Mursini masuk, beliau orang yang berpengalaman," ujar Sukarmis, Selasa (25/8/2015) sebelum menyampaikan sambutan di hadapan tiga pasangan.

Sukarmis menyatakan selamat kepada tiga pasangan calon yang telah mendapatkan nomor urut. Baginya, nomor urut merupakan sebuah amanah. Sebab, KPU tidak memberi nomor, tapi hanya sebatas undian. "Itu adalah pilihan kita, amanah yang kita ambil."

"Nomor itu merupakan pilihan sejati yang akan dipakai selama proses Pilkada ini berlangsung," ujar Sukarmis dengan tersenyum.

Sebagai pemerintah, Sukarmis mengingatkan agar para pasangan tidak mengada-ngada dalam menyampaikan visi misi selama masa kampanye. Ia berharap, para calon menawarkan program-program yang riil, sesuai dengan kemampuan daerah.

"Untuk di ketahui, APBD Kuansing paling kecil di Riau. Oleh sebab itu, buatlah program yang terjangkau oleh APBD, jangan janjikan yang tak bisa dibuat," ujar Sukarmis.

Ketika calon menang, lanjut Sukarmis, janji-janji yang dilontarkan selama masa kampanye akan dituntut oleh masyarakat. Masyarakat tidak akan memahami bagaimana kondisi yang sebenarnya. "Yang mereka tahu, janji tersebut harus direalisasikan."

"Nah, oleh sebab itu, calon bupati jangan dustai rakyat," tambah Sukarmis.

Sukarmis menawarkan program yang selama satu dekade ini ia lakukan, yakni bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Persoalan yang sangat penting saat ini, menyangkut perekonomian masyarakat. Dimana, harga hasil pertanian dan perkebunan sangat murah.

"Ini perlu dipikirkan bersama, bagaimana mendongkrak harga jual perkebunan dan pertanian meningkat," pungkas Sukarmis.(***)