BAGANSIAPIAPI – Sungai Rokan yang berada di dekat Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir, Riau ternyata banyak buaya. Suasana kemunculan buaya itu sering dilihat warga.

Seperti dari cafe yang berada tepian Sungai Rokan, warga sering melihat buaya datang saat mereka santai minum kopi.

Seperti yang terlihat Senin (25/3/2024) sore kemarin, dimana warga yang tengah ngabuburit menunggu beduk berbuka puasa tiba-tiba melihat buaya muncul dari dalam sungai.

Vebidhino, seorang warga Bagansiapiapi, Selasa (26/3/2024) mengatakan, dia sering melihat buaya tiba-tiba muncul saat ngopi di sebuah cafe di tepi sungai Rokan yang tak jauh dari perkantoran Pemda.

‘’Kami sering melihat buaya datang dan hampir tiap ngopi di tepi sungai. Buaya itu sering hilir mudik dan menempatkan diri, padahal dari lokasi ada nelayan yang sedang di sungai,’’ ujarnya.

Di lokasi lainnya

Ternyata di lokasi lain, yang masih merupakan aliran sungai Rokan, warga juga sering melihat tiba - tiba buaya muncul.

Mulyadi (50), warga Labuhan Tangga Kecamatan Bangko, Selasa (26/3/2024) menyebutkan, perlu perhatian pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau untuk masalah ini.

Sementara di aliran sungai di Bagan Punak, Labuhan Tangga saat ini sudah dipasang baliho imbauan untuk berhati-hati dan tidak bermain di sungai karena banyaknya buaya yang sewaktu-waktu dapat memangsa dan memakan manusia. ***