JAKARTA – Pecatur senior Indonesia, GM Susanto Megaranto (2504) tidak mampu meraih poin pada babak pertama Pertamina Indonesia Grand Master Tournament 2024. Dalam pertandingan yang digelar di Hotel Artotel Komplek Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Selasa (23/4/2024), Susanto harus mengakui keunggulan pecatur unggulan pertama asal Australia, Temur Kuybakarov (2600).

Hasil menggembirakan dicapai GM Novendra Priasmoro yang tampil gemilang dengan menaklukkan pecatur kaya pengalaman GM Eugenio Torre (Filipina). Sedangkan pecatur muda Indonesia IM Gilbert Elroy Tarigan (2330) menahan remis GM Thien Hai Do (2475/Vietnam).

Kekalahan juga dialami IM Azarya Jodi Setyaki yang berhadapan dengan IM Aditya Bagus Arfa. Begitu juga juara catur cepat Ramadhan Cup IM Yoseph Taher (2445) yang dipaksa menyerah atas pecatur Mongolia, IM Uurtsaikh Agibleg.

Laga Pertamina-Mandiri Indonesian GM Tournament akan dilanjutkan pada Rabu (24/4/2024) untuk memainkan babak kedua yang akan dimulai pukul 09.00 Wib. Turnamen yang disponsori PT Pertamina dan Bank Mandiri Tbk ini akan berlangsung hingga 1Mei 2024 dengan memainkan 11 babak.

Pecatur tuan rumah diharapkan bisa memanfaatkan turnamen ini untuk dapat menyandang gelar Norma Grand Master dan Norma Internasional Master (IM). Minimal pecatur tuan rumah harus bisa meraih 8 poin jika ingin mendapatkan gelar Norma GM dan 7,5 poin untuk Norma IM.***