PEKANBARU - Masuknya wabah virus corona atau covid-19 ke Indonesia, membuat sejumlah masyarakat panik. Dampaknya, masker dan hand sanitizer menjadi langka. Di Bumi Lancang Kuning, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) di Riau ikut mengajak masyarakat agar tidak panik menanggapi virus corona.

"Saya meminta, agar ASN Riau bisa saling menjaga dan mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak panik menghadapi virus corona. Himbauannya kan sudah ada, tentang perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Supaya, terhindar dari penyebaran virus corona," kata Tjahjo saat jumpa pers usai meninjau Mal Pelayanan Publik Pekanbaru, Rabu (11/3/2020).

Dikatakan Tjahjo, ASN juga berperan penting menyampaikan informasi yang positif, bukan hoax kepada masyarakat sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah. Sebab, diera digital saat ini informasi yang masuk sangat mudah, apalagi melalui media sosial.

"Untuk itu, sebagai asn kita menjadi berperan menyampaikan informasi yang benar dan menghimbau kepada keluarga, teman dan tetangga untuk menjalankan PHBS," ungkap Tjahjo.

Selain itu sambung Tjahjo, mulai Desember 2019, Panglima TNI, Kapolri Menteri Kesehatan, Menteri Luar Negeri, berupaya memberikan ketenangan kepada masyarakat dan memberikan pengobatan dengan baik, sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo.

"Untuk rekan-rekan media juga, menyampaikan sesuai fakta. Bukan katanya. Sebab di era reformasi, dibutuhkan kejujuran dalam penyampaian sebuah informasi," jelas Tjahjo. ***