JAKARTA - Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto membuka peluang tokoh di luar partai Koalisi Indonesia Bersatu untuk diusung sebagai calon presiden dan calon wakil presiden.

PAN melirik sejumlah tokoh seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil), hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Tentu kita juga tidak menutup kemungkinan dari pihak luar. Ya ada Anies ada Ganjar ada Erick, ada Ridwan Kamil ada Khofifah," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/5).

Dia menyebut, para tokoh ini dekat dengan PAN. Bahkan beberapa kali diundang PAN untuk menjadi pembicara dan menyampaikan visi misi membangun negara. "Dan itu sering kita undang dalam forum resmi PAN dan kita kasi forum untuk menyampaikan visi misi atau cara pandang mereka tentang bagaimana membangun bangsa dan negara ini," ungkapnya.

Meski begitu, PAN juga punya calon presiden dari internal. Yaitu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan hingga Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir. "Ya PAN ada bang Zul, hasil rakernas bang Zul ya kan. Dari internal ada lagi ada Soetrisno Bachir juga ada dicantumkan di situ, tapi kalau dari luar tadi kita tidak akan terlalu kaku lah ya," ujar Yandri.

Untuk menentukan siapa yang akan diusung Koalisi Indonesia Bersatu, perlu duduk satu meja antar kolega koalisi bersama Golkar dan PPP. Yandri mengatakan, perlu dipilih yang memiliki peluang menang besar.

"Kalau misal yang terbaik dari kesepakatan semua pihak dan berpeluang menang ya tentu PAN akan ikut tapi PAN Insya Allah akan kawal terus bagaimana penjaringan itu supaya tidak salah dan tepat sasaran," pungkas Yandri.***