PEKANBARU - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memberikan apresiasi kepada Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI dan BBWI) Riau 2023. Kegiatan ini diadakan di halaman Kantor Gubernur Riau selama tiga hari, dari Jumat, 28 Juli hingga Minggu, 30 Juli 2023.

Luhut menyampaikan apresiasi secara virtual, "Saya mengapresiasi kegiatan Harvesting Gernas BBI dan BBWI Riau 2023, khususnya kepada OJK, BI dan Gubernur Riau beserta jajaran terkait, atas penyelenggaraan ini yang bertempat di kantor Gubernur Riau," tutur Luhut dalam sambutannya.

Namun, Luhut tidak dapat hadir langsung di acara tersebut, "Saya minta maaf karena saya tak bisa hadir bersama bapak ibu, yang seyogyanya sudah direncanakan," jelasnya. Meskipun begitu, beliau sangat ingin hadir mengingat banyak kenangan yang ia miliki dengan Riau, khususnya Kota Pekanbaru dan Rumbai.

Menko Marves memuji persiapan Harvesting Gernas BBI dan BBWI Riau 2023, dan mengucapkan selamat atas berlangsungnya seluruh rangkaian kegiatan. "Selamat saya ucapkan atas seluruh rangkaian kegiatan yang telah diselenggarakan dan ini bukan akhir dari upaya kita untuk mengembangkan UMKM lokal," ungkapnya.

Luhut juga mengharapkan bahwa usaha pengembangan akan terus berlanjut pasca kegiatan ini, "Saya berharap jangan sampai hanya habis di sini. Gandeng perusahaan swasta untuk berkontribusi di daerah," tambahnya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung, menekankan pentingnya mendukung UMKM lokal di Riau dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global. "Ini lah yang kita harapkan dari sektor UMKM dan pariwisata, bagaimana kedua sektor ini mampu terus mendorong denyut perekonomian domestik," katanya.

Menurut Juda, Harvesting BBI dan BBWI Riau 2023 merupakan bagian penting dalam memperkuat produk dalam negeri dan pariwisata, sekaligus mendorong ekonomi lokal, memperbaiki daya beli masyarakat, dan memulihkan ekonomi pasca-pandemi. "Khususnya melalui UMKM," pungkasnya. ***