PEKANBARU, GORIAU.COM - Sedikitnya 34.202 orang, mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 di Provinsi Riau. Rencananya, hasil seleksi administrasi akan diumumkan, hari ini, Kamis (10/10/2013).

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Surya Maulana kepada riauplus.com sebagaimana dikutip GoRiau.com, Rabu (9/10/2013) di Kantor Gubernur Riau. Menurutnya, total jumlah pelamar CPNS itu, berdasarkan laporan dari BKD kabupaten/kota di Riau.

"Mudah-mudahan, tanggal 10 Oktober nanti (besok-red) akan kita umumkan hasil seleksi administrasi di kabupaten/kota. Bagi yang lulus administrasi, agar dapat mempersiapkan diri untuk tes tertulis pada tanggal 3 November 2013, serentak seluruh Indonesia,"kata Surya.

Puluhan ribu pelamar CPNS itu, tersebar di enam kabupaten/kota di Riau. Antara lain, Kota Pekanbaru Kabupaten Kuansing, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Kampar, Kabupaten Inhil dan Kabupaten Rokan Hilir.

Terkait master soal tes tertulis CPNS 2013 ini lanjut Surya, sudah diterima pihaknya dari Kemenpan pada tanggal 2 Oktober lalu. Master soal ini akan dibuka pada tanggal 19 Oktober oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dan Tim panitia seleksi nasional, yang langsung datang ke Riau.

"Tentunya nanti akan didampingi oleh Tim pengawas dari BPKP, Polda, Inspektorat, Ombudsman, Badan Intelijen Nasional perwakilan daerah dan juga kita harapkan dari ICW dan KPK termasuk media. Sehingga waktu pembukaan nanti, ini betul-betul transparan dan bebas dari praktik KKN,"sebut Surya. ***