PEKANBARU - Sebanyak 30 titik panas atau hotspot terpantau satelit tersebar di Provinsi Riau, pada Sabtu (29/2/2020) sore. Dari semua daerah di Riau, Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai yang terbanyak karena muncul masing-masing tujuh titik.

Prakirawan BMKG Pekanbaru, Sanya Gautami mengatakan berdasarkan satelit terra dan aqua dari BMKG yang diupdate tanggal 29 Februari 2020 pada pukul 16.00 WIB, total hotspot di Sumatera sebanyak 45 titik. Dengan rincian hotspot di Riau sebanyak 30 titik, Sumatera Utara (Sumut) sembilan titik, NAD empat titik, dan Sumatera Barat (Sumbar) dua titik.

"Hotspot Riau tersebar di tujuh kabupaten dan kota. Yakni Bengkalis, Siak dan Dumai masing-masing tujuh titik, Rohil empat titik. Sedangkan, Pelalawan dan Kepulauan Meranti masing-masing dua titik," kata Sanya di Pekanbaru, Sabtu sore.

Jika diklasifikasikan lagi, kata Sanya, jumlah titik yang berada di atas level 70 persen atau diduga sebagai titik api ada 12 titik, yaitu berada di Dumai sebanyak enam titik, serta Bengkalis, Rohil dan Kepulauan Meranti masing-masing satu titik.

"Rata-rata titik api ini berada di level confidence 73-100 persen," tukasnya. ***