TELUKKUANTAN - Ulfa, siswa kelas V SDN 001 Pangean beserta puluhan teman-temannya berlari mengerumuni mobil Pustaka Keliling yang terparkir di Desa Pulau Tengah Pangean, sekitar lokasi peresmian Jembatan Pangean oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Selasa (18/4/2017).

Bagi Ulfa dan siswa lainnya, kehadiran Pustaka Keliling menjadi sesuatu yang unik di sela-sela penantian kehadiran orang nomor satu di Riau tersebut.

"Kami sangat senang dengan mobil yang membawa buku-buku ini. Kami berharap, mobil ini datang ke sekolah," ucap Ulfa kepada petugas pustaka.

Senada dengan itu, Fadli, siswa SDN Pulau Tengah, juga mengaku senang dengan kehadiran pustaka keliling. Terlebih, buku-buku yang disajikan sangat beragam.

"Datangnya jangan sekali ya, Bang. Besok-besok datang lagi ke sini, biar puas kami membacanya," ujar siswa SD tersebut kepada Amrizal Sain, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kuantan Singingi (Kuansing).

Ya, mobil Pustaka Keliling tersebut merupakan milik DPK Kuansing. Dikatakan Amrizal, pustaka keliling sengaja dihadirkan saat acara peresmian jembatan Pangean.

"Ini merupakan upaya kita agar masyarakat gemar membaca, terutama anak-anak sekolah," ujar Kadis DPK Kuansing, Azhar Ali memalui Amrizal didampingi Kasi Akuisisi, Hevi H Antoni.

Untuk saat ini, lanjut dia, DPK memang belum membuat jadwal dan rute pustaka keliling. Kendati demikian, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan, pustaka keliling selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, terutama iven-iven seremonial.

"Setiap ada kesempatan, kita akan menghadirkan pustaka keliling. Apalagi untuk daerah-daerah yang jauh dari ibukota kabupaten. Harapannya, masyarakat yang jauh juga mendapatkan ilmu lewat membaca buku," papar Amrizal.***