PEKANBARU – Pengurus dan anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Pekanbaru bersilaturahmi dengan Corporate Secretary PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Rudi Ariffianto, Senior Analyst Media and Communication PHR Yulia Rintawati beserta jajarannya, di Pekanbaru, Jumat (24/2/2023).

Ketua AJI Pekanbaru Eko Faizin yang didampingi sejumlah pengurus, dalam silaturahmi tersebut mengatakan, AJI Pekanbaru mengajak PHR berkolaborasi mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara mencegah beredarnya berita hoaks.

Kemudian, memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada wartawan tentang kerha jurnalistik yang benar, sesuai Kode Etik Jurnalistik.

"Kami telah menyiapkan program edukasi pada tahun ini untuk para jurnalis muda serta masyarakat Riau di kabupaten/kota. Program edukasi ini juga sejalan dengan kegiatan penerimaan anggota baru AJI Pekanbaru yang dibuka hingga 6 Maret 2023," ujar Eko.

Eko berharap dengan edukasi yang berkelanjutan, pemahaman jurnalis dan masyarakat tentang jurnalisme semakin. Para jurnalis pun diharapkan konsisten menerapkan Kode Etik Jurnalistik dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto mengatakan pihaknya senang busa bertemu dengan pengurus dan anggota AJI Pekanbaru, karena saat jadi jurnalis dulunya, Rudi mengaku pertama kali mengenal organisasi wartawan adalah AJI.

"Kami senang bertemu dengan AJI, karena memang AJI organisasi jurnalis pertama yang saya kenal, sehingga saya memahami benar bagaimana komitmennya dan independensinya AJI," ungkapnya.

Rudi mengakui penyebaran hoaks dan informasi palsu semakin mudah dengan dukungan teknologi digital. Untuk mengantisipasi hal itu, perlu upaya edukasi dan peningkatan literasi masyarakat sehingga terhindar dari risiko menjadi korban penyebaran hoaks tersebut.

Karena itu pihaknya siap mendukung program edukasi yang telah disiapkan oleh AJI Pekanbaru, dan juga akan menggandeng AJI untuk ikut meningkatkan pemahaman jurnalisme publik di sejumlah kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sekitar lokasi operasional PHR.***rls