SELATPANJANG - Setelah bertungkus lumus beberapa hari, akhirnya upaya masyarakat bersama pihak TNI Polri, Manggala Agni dan Tim Fire Fighter PT RAPP melakukan berhasil mengendalikan kebakaran. Rabu (16/3/2016) tim gabungan ini me - mop-up atau tahapan akhir pemadaman guna memastikan api mati di lahan terbakar di wilayah Desa Sungai Anak Kamal, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Sebagaimana diungkapkan Camat Merbau, Wan Abdul Malik, di Desa Sungai Anak Kamal, Rabu siang. Kata Wan Abdul Malik, Rabu siang itu api saat ini sudah terkendali sekitar 90 persen. "Insha Allah sudah mulai aman di Pulau Padang, namun tim masih berjaga-jaga di lokasi," kata Wan Abdul Malik.

Kata Wan Abdul malik lagi, ada ratusan personil dari berbagai elemen masih siaga di lokasi bekas terbakar yang meliputi 2 Desa, Desa Mekar Sari dan Sungai Anak Kamal di Kecamatan Merbau. Turut terlibat, Kapolsek Merbau, AKP H Syahruddin, Danramil Merbau, dan Kapten Inf S Sinaga memastikan pemadaman agar api tidak kembali merebak.

Sejumlah elemen tersebut berasal dari pihak TNI/ Polri sebanyak 31 personil, Manggala Agni 8 orang, dan didukung Tim Fire Fighter PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), sebanyak 45 personil.

Kepala Desa Sungai Anak Kamal, Sutarno mengatakan masyarakat sudah berada melakukan pemadaman di lokasi selama 2 minggu. Menurutnya, kondisi lahan gambut dan cuaca yang kering menjadi pemicu terjadinya kebakaran.

"Tiap musim panas, sangat rawan terjadinya kebakaran, ini alam yang mendukung, sehingga kondisi gambut kering dan sangat sensitif dengan api, pada puncak api Sabtu lalu (12/3/2016), itu kebakaran sangat dahsyat, kita dibantu oleh tim lain, seperti dari RAPP, Manggala Agni dan TNI Polri," ungkapnya.

Sutarno mengatakan pihaknya juga dibantu RAPP menyiapkan dapur umum untuk kebutuhan konsumsi personil pemadam. Ia juga berharap, bantuan peralatan 5 unit pompa jenis Mark III dari BNPB segera didatangkan ke desanya agar pemadaman dan pencegahan bisa lebih optimal dan efektif.

Estate Manager RAPP, Marzum mengatakan personil Fire Fighter tengah melakukan Mop-up atau tahap akhir pemadaman hingga lahan dipastikan aman dan bebas dari api.

"Status terakhir api sudah terkontrol, tim sedang lakukan Mop-up agar api benar-benar padam," ujar Marzum di lokasi kebakaran.

Ditambahkan Marzum, personil Fire Fighter yang dikerahkan terdiri dari Tim FERT (Fire Emergency Response Team), Tim Inti dan Cadangan dari Estate Pulau Padang, dan Tim Laskar Api.

"Mereka dibagi empat tim dan dilengkapi dengan peralatan berupa pompa Mark III, Mini Striker, Tohatsu, Foldatank, atau tanki penampung air," tutupnya. rls