PEKANBARU, GORIAU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan jadwal pemeriksaan kesehatan bakal calon gubernur dan bakal calon gubernur Riau, 8 - 10 Juni mendatang. Namun pemeriksaan akan dilakukan bertahap mengingatnya banyak bakal calon.

Komisioner KPU Riau Heryanti Hasan mengatakan, setiap balon akan diberikan jadwal sesuai urutan pendaftaran kemarin.

''Ya rencananya sesuai urutan pendaftaran kemarin, kita jadikan urutan mereka untuk memeriksa kesehatan itu,'' kata Heryanti Hasan.

Sebelumnya, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Riau Nurzelly Husnedi ketika ditemui wartawan di jalan Thamrin III Pekanbaru mengatakan pihaknya menginginkan pelayanan untuk pemeriksaan Bacagubri dan Bacawagubri maksimal.

''Makanya kita mempersiapkan segala sesuatu dengan maksimal, lagipula jadwal dari KPU Riau pemeriksaan kesehatan Balon ini mulai tanggal 5-11 Juni 2013," kata Nurzelly.

Dikatakannya lagi, berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat, maka pemeriksaan akan dimulai tanggal 8 Juni, yang kemudian dilanjutkan dengan tanggal 10 dan 11 Juni 2013. Jadwal pemeriksaan mulai jam 8 pagi hingga selesai, satu hari digunakan untuk memeriksa 3 pasang Balon, dengan dibantu oleh lebih dari 20 tim IDI dan dibackup oleh RSUD Arifin Achmad.

"Hari pemeriksaan itu Sabtu, Senin, dan Selasa. Satu balon akan didampingi oleh satu perawat, 2 orang tim balon yang menemani hingga ke lobi. Adapun yang diperiksa itu menyangkut semua alat indera sesuai standard UU," tambahnya. (nti)