TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Niat Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan untuk menggemakan peringatan tahun baru Islam sepertinya belum bisa tercapai. Pasalnya, event wisata religi gema muharram yang digadang-gadangkan akan diminati masyarakat Inhil itu, ternyata hanya menjadi acara seremonial belaka.

Pasalnya, acara yang digelar sudah lebih kurang 5 malam itu, setiap malam selalu sepi penonton, seperti yang terpantau GoRiau.com, Kamis, (30/10/2014) saat perlombaan pidato, hanya terlihat dewan juri, peserta dan keluarga peserta saja yang menyaksikan.

Salah seorang warga Tembilahan, M Rezky mengatakan, sebenarnya, seluruh penampilan yang disuguhkan sangat bagus, hanya kurang perhatian dari panitia acara. Sehingga tidak banyak masyarakat mengetahui ada acara yang diselenggarakan Pemkab Inhil.

''Jika gini hanya buang-buang uang APBD aja, acara dibuat tapi gak ada penonton. Tahun depan, Pemkab harus pikir-pikir lagi jika mau adakan kegiatan,'' kata Rezki.

Hal itu dikatakan dia diperparah dengan penjagaan oleh pihak Satpol PP yang tidak mengizinkan pengunjung membawa masuk kendaraan bermotor. Sehingga banyak pengunjung yang tidak jadi menyaksikan pergelaran seni bernuansa Islami tersebut.

''Padahal lapangannya sepi juga, jadi saya rasa gak masalah bawa motor masuk. Tapi dilarang sama Satpol PP, kita malas letakan diluar lapangan, karena mesti bayar parkir lagi,'' ujarnya.

Ia menyarankan, seharusnya Pemkab Inhil belajar dari Pemkab Inhu. Dimana setiap Inhu mengadakan acara, selalu ramai disaksikan masyarakat, karena menurut dia, Inhu selalu mempersiapkan segala sesuatunya secara maksimal sebelum membuat suatu kegiatan.

''Kan ini tujuannya mau menggemakan kegiatan keagaamaan ke masyarakat. Tapi jika masyarakat aja banyak yang gak tau ada kegiatan gimana pesan itu mau sampai ke masyarakat,'' ujar Rezki.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar), Rudiansyah saat dimintai keterangan mengatakan, pihaknya telah banyak melakukan pengumuman sebelum kegiatan itu dilaksanakan.

''Kita udah siarkan kemana-kemana kok. Tapi coba aja cek lagi, masih sepi apa tidak,'' tutup Rudi.(ayu)