JAKARTA – Mitsubishi XForce mendulang sukses meski baru memasuki pasar Indonesia. Respon yang baik terbukti dari ribuan pesanan yang datang untuk kendaraan gagah berjenis SUV tersebut.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Atsushi Kurita mengatakan, Mitsubushi XForce sudah terpesan 4 ribu unit sejak pemesanan pertama dibuka Mei lalu. Nominal tersebut sudah termasuk tinggi untuk produk yang tergolong baru.

"Setelah World Premiere, Mitsubishi XForce sudah sangat diapresiasi konsumen. Hingga Oktober, sudah ada 4 ribu unit SPK untuk mobil ini. Selain itu, ada prospect customer yang sampai 16 ribu unit," ujar Kurita saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (15/11/2024).

Meski sudah terpesan 4 ribu unit, namun hanya 75 persennya yang akan menerima unitnya tahun ini. Sebab, pabrikan mengalokasikan 15 persennya ke dealer untuk kebutuhan 'pajangan' dan unit test drive.

"Ada 4 ribu kendaraan yang harus dikirim hingga akhir tahun ini. Tapi kita alokasikan 3 ribu unit, karena sisanya dialokasikan ke dealer untuk test drive dan lain-lain. Setelahnya akan ditingkatkan setiap bulan," terangnya.

Menurut Kurita, pihaknya belum bisa maksimal melayani permintaan tinggi konsumen. Sebab, produksi kendaraan di pabrik Cikarang, Jawa Barat baru saja dimulai.

"Jadi, setelah world premiere, kita memang bisanya segitu, karena mobilnya kan belum diproduksi jadi belum banyak yang test drive. Sekarang setelah ada alokasi di dealer, konsumen jadi bisa test drive dan merasakan langsung," kata dia.

Diketahui, Mitsubishi telah menyiapkan line khusus di pabrik Cikarang untuk memproduksi 5 ribu unit XForce per bulan. Kapasitas tersebut baru berjalan efektif mulai tahun depan.

Mitsubishi secara simbolis telah menyerahkan 50 unit pertama Mitsubishi XForce ke dealer untuk kemudian dikirim ke konsumen. Proses penyerahan unit tersebut digelar di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Sebagai catatan, Mitsubishi XForce tersedia melalui dua pilihan berbeda, yakni Exceed dengan harga Rp 379 jutaan dan Ultimate yang dibanderol Rp 412 jutaan. Keduanya berstatus on the road Jakarta. ***