PEKANBARU – Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2024 Provinsi Riau bakal diramaikam dengan penampilan Gigi Band, Virgoun, hingga Fourtwenty di Halaman Kantor Gubernur Riau. Selain berbagai event yang diagendakan, kehadiran artis Ibukota ini tentunya akan menjadi magnet bagi masyarakat untuk meramaikan acara tersebut.

"Event ini diselenggarakan pada 3-5 Mei, dihari pertama nanti kita mendatangkan Gigi, hari kedua Virgoun, dan penutupan akan ada Fourtwenty," kata Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto di Pekanbaru, Minggu (28/4/2024).

"Lalu kami juga menghadirkan artis Ibukota lainnya yaitu Astrid Tiar, Angel Karamoy, dan Berliana Lovel," imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rahkmat mengatakan, sebanyak 42 grup nusik akan meriahkan BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival di Riau. Mereka akanmengisi acara selama kegiatan berlangsung mulai 3-5 Mei 2024.

BBI BBWI Lancang Kuning Carnival 2024 akan dimulai pada Jumat (3/5/2024) pukul 14.00 WIB. Dimulai dengan pembukaan bazar dan pawai budaya. Pada malam harinya baru akan dilakukan opening ceremoni.

"Insya Allah, Menteri Dalam Negeri, Menteri Perhubungan, dan Menko Marves juga akan hadir. Setelah opening ceremoni baru dilanjutkan dengan tarian rentak Melayu,” katanya.

Dijelaskan Roni, setelah malam opening ceremoni, keesokan harinya juga akan tetap ada kegiatan. Di mana pihaknya telah menyiapkan 42 grup musik, baik lokal maupun nasional, dan juga beberapa artis.

“Pada malam opening ceremoni juga akan ada penampilan Band Gigi. Kami ajak masyarakat untuk ikut meramaikan event ini,” ajaknya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, penyelenggaraan Gernas BBI dan BBWI 2024 Provinsi Riau dikolabrasikan dengan event besar lainnya yaitu Lancang Kuning Carnival. Event ini merupakan sebuah festival berbasis fashion carnival yang juga menghadirkan berbagai hiburan seperti musik, tari, dan pameran.

Kemudian, pada spesial event akan ada tari massal (10.000) peserta, Art performance, CFD event, mini stage event, dan fun market. Berbagai lomba juga bakal ikut meramaikan acara ini, di antaranya lomba foto, lomba mewarnai, moslem trendy, dan fashion recycle.

Pemprov Riau terus melakukan berbagai persiapan untuk Gebyar BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival 2024. Termasuk meminta dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh pihak, pemerintah pusat, pemda, pelaku usaha, dan masyarakat.

"Kemenko Marves dan Kementerian Perhubungan siap mendukung acara ini. Kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat di Riau, kami mohon dukungannya. Semoga acara ini berjalan sukses," tutupnya.

Provinsi Riau kembali mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat untuk melaksanakan Gebyar Gernas BBI dan BBWI. Event ini merupakan sebuah festival berbasis fashion carnival yang juga menghadirkan berbagai hiburan seperti musik, tari, dan pameran ekraf.

Dalam Lancang Kuning Carnival, Provinsi Riau akan menampilkan tarian rentak melayu dengan menghadirkan 10.000 penari yang terdiri dari SMA se-Pekanbaru dan para pegawai di lingkungan Provinsi Riau. Persembahan ini juga akan mencatat Rekor MURI sebagai penari rentak melayu terbanyak.

Gebyar BBI BBWI 2024, Pemprov Riua juga telah menyiapkan 150 stan bazar UMKM dan Ekraf. Hal ini untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat. ***