PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Lewat Program Gerakan Sayang Sekolah (GSS), Pemerintah Kabupaten Pelalawan melakukan penghijaun tata ruang lingkungan serta menjaga kebersihan dan penanaman budi pekerti terhadap anak didik di berbagai jengjang pendidikan formal disana. Kegiatan ini merupakan gerakan yang dimotori oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) setempat.

"Terakhir, Program GSS diadakan di SD Negeri 002 Rangsang Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Sabtu (8/6/2013). Alhamdulillah, antusias warga disekeliling sekolah sudah mengalami peningkatan serta pelaksanaannya berjalan sukses dan lancar," kata Ketua PGRI Pelalawan Drs M Syafi'i MSi pada sejumlah media di Pangkalan Kerinci, tadi sore.

Syafii mengatakan bahwa program yang digelar guna menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat ini juga sekaligus untuk melakukan silaturahmi ke salah satu sekolah yang ada dikabupaten Pelalawan. Program GSS tersebut akan digelar setiap bulannya dengan mengunjungi salah satu sekolah yang ada dikabupaten Pelalawan.

"Dengan adanya program ini, diharapkan seluruh komponen mulai bisa menyayangi sekolah seperti rumah sendiri. Sehingga lingkungan sekolah sehat dan sekitarnya dapat menciptakan generasi yang kuat dan cerdas," tandasnya.

Konsep kegiatan GSS ini sendiri, sambungnya, adalah kegiatan yang hanya dilaksanakan satu hari saja oleh pihaknya di satu sekolah yang ditunjuk. Dan untuk kegiatan bulan keenam ini, maka jajaran pengurus PGRI Pelalawan memang memutuskan untuk mengambil lokasi di Kecamatan Pelalawan. Kegiatan ini dimulai dengan melakuan gotong royong atau membersihkan sekolah sekaligus melakukan penghijauan di sekolah tersebut. "Usai itu, kita gelar diskusi bersama para guru di sekolah tersebut untuk mendapatkan informasi dari para guru yang ada di kecamatan tersebut," paparnya.

Rencananya, lanjutnya, jika sesuai dengan rencana maka selama lima tahun kepengurusan PGRI Pelalawan maka akan ada kurang-lebih 60 sekolah di seluruh kecamatan di daerah ini yang akan didatangi pihaknya. Dan dalam setiap gelaran GSS di satu sekolah, maka pihaknya juga akan memberikan sumbangan dari masyarakat, industri dan juga PGRI Pelalawan sendiri. "Sumbangan yang kita berikan berbentuk cat, alat kebersihan sekolah, alat olahraga, buku dan hal-hal yang diperlukan sekolah," ujarnya.

Diakhir acara, Ketua PGRI Kabupaten Pelalawan melakukan penanaman pohon buah di sekolah tersebut dilanjutkan dengan melakukan penghijauan serta pengecatan dinding sekolah. Turut hadir di kegiatan tersebut selain Ketua PGRI Pelalawan Drs M Syafi'i MSi beserta pengurus, anggota DPRD Provinsi Riau H Zukri Misran, Kepala Dinas Perhubungan T Ridwan Mustafa yang juga putra daerah Desa Rangsang,  anggota DPRD Pelalawan T Khairil, Ketua MDI Pelalawan Dr Edi Iskandar serta tokoh masyarakat rangsang Apridinata dan Firdaus yang memberikan bantuan berupa cat, mesin rumput, tanki air, printer dan penghijauan dengan penanam mangga di lingkungan sekolah.(ilm)