RENGAT, GORIAU.COM-Wakil Bupati Kabupten Indrgiri Hulu (Inhu) H.Harman Harmaini harim ini melepas 206 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Inhu. Acara pelepasan JCH Inhu tersebut dilaksanakan di halaman kantor bupai Inhu, Kamis (19/9/2013) Pematang Reba.

Dalam rombongan JCH Inhu tersebut, terdapat beberapa pejabat struktural Setda Kabupaten Inhu, seperti Staf Ahli Bupati, Kadis dan Kabag serta beberapa pegawai PNS dilingkungan Setda Inhu. selain itu, Yopi Arianto yang juga selaku Bupati Inhu juga ikut dilepas keberangkatannya ke Tanah Suci Mekkah untuk menjalankan ibadah haji oleh Wakil Bupati H. Harman Harmaini.

Bupati Inhu yang tergabung dalam 206 orang JCH tersebut, selain menunaikan ibadah, beliau juga selaku Ketua Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Kabupaten Inhu, selain itu beliau juga selaku Ketua Haji Provinsi Riau (Amirul Haji) pada pelaksanaan haji tahun ini 1434 Hijriah.

Dari data yang berhasil dihimpun GoRiau.com, dari 206 JCH Inhu, terdapat 18 jemaah laki-laki dan 118 jemaah perempuan. Sedangkan jemaah yang tertua berumur 79 tahun, yaitu Syarifah Nur cahaya dan jemaah termuda adalah berumur 29 tahun atas mana Juni Kurniati.

Sementara itu, laporan panitia penyengara haji Inhu dalam sambutannya menyampaikan, JCH Inhu hari ini selepas shalat Zuhur bertolak dari Pematang Reba menuju Pekanbaru melalui jalur darat dan menginap di Hotel Labersa Pekanbaru, pada hari Jum'at (20/9), jamaah akan berangkat dengan menggunakan pesawat menuju embarkasi Batam, setelah menginap di Batam satu malam, jemaah akan diterbangkan ke Medina.

Wakil Bupati Inhu, H.Harman Harmaini dalam sambutannya menyampaikan, menunaikan ibadah haji guna menyempurnakan rukun Islam yang kelima, selain mengucapkan dua kalimat sahadat, Shalat lima waktu, puasa ramadhan dan zakat, sehingga umat islam yang mampu menunaikan ibadah haji, tentu merasa bahagia yang tidak terhingga, karna ini adalah panggilan lansung dari Allah." 206 jemaah Inhu ini adalah umat pilihan yang dipanggil ketanah suci", sebut Wabub yang juga menjabat Plt. Bupati Inhu saat ini.

Maka dari itu, Pemerintah Daerah berharap dan berdoa agar jemaah sampai dan kembali dengan selamat serta dapat menjalankan ibadah ini dengan baik dan menjadi haji yang mambrur. namun untuk mencapai semua itu, tentu jemaah harus menjaga kesehatan baik rohani maupun jasmani, karena disana cuaca atau iklim sangat jauh berbeda dari iklim Indonesia. "selamat jalan JCH Inhu, jaga kesehatan, manfaatkan waktu untuk beribadah serta jagalah nama baik daerah ini", tandas Plt. Bupati Inhu itu.(Jef)