SELATPANJANG – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar membuka Lomba Pacu Sampan Layar di Desa Alai Kecamatan Tebingtinggi Barat, Minggu (31/12/2023).

Kegiatan yang ditaja oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kepulauan Meranti itu diikuti 17 kelompok peserta dari berbagai desa di Kepulauan Meranti.

H. Asmar dalam sambutannya menjelaskan, event tersebut merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah kabupaten dalam menjaga khazanah budaya melayu pesisir. Tujuannya, mengajak generasi muda dalam melestarikan budaya di tengah pesatnya kemajuan teknologi dan globalisasi.

"Tidak hanya menjadi objek wisata saja, tetapi untuk memelihara dan mewariskan permainan tradisional budaya bangsa yang kita cintai di Kepulauan Meranti ini," kata Asmar.

GoRiau

Lebih jauh, dia mengatakan kegiatan itu juga untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum bahwa sampan layar merupakan olahraga yang dilestarikan agar tidak tergerus oleh kemajuan zaman. Apalagi sebagian besar masyarakat Kepulauan Meranti berprofesi sebagai nelayan.

"Mari kita meriahkan acara perlombaan sampan layar ini. Kepada peserta, selamat bertanding dan terima kasih kepada segenap panitia penyelenggara dan semua pihak yang telah membantu menyukseskan acara ini, semoga berjalan baik dan lancar," harapnya.

Sebelumnya, Kepala Disporapar Kepulauan Meranti Ery Suhairi menyebutkan kegiatan tersebut dilaksanakan masih dalam rangka memeriahkan hari jadi kabupaten ke-15.

"Selain untuk mengembangkan daya tarik wisata, lomba ini juga untuk mewadahi hobi masyarakat kita di wilayah pesisir," pungkasnya. ***