PADANG -- Ruas jalan lintas Padang-Bukittinggi, Sumatera Barat, akan diberlakukan buka-tutup pada tanggal 12 hingga 16 Juli 2021.

Dikutip dari suara.com, buka-tutup selama lima hari di titik KM 23,8, Jorong Kayu Kapur, Nagari Sungai Buluh Selatan, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman tersebut diberlakukan terkait pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru.

Manajer Pengendali dan Pelaksana Proyek PT Hutama Karya, Berlin Tampubolon mengatakan, sistem buka tutup jalan tidak dilakukan sepanjang hari dalam kurun waktu empat hari tersebut.

''Hanya pukul 23.00 hingga 04.00 WIB,'' ujarnya, dikutip dari Covesia.com - jaringan Suara.com, Sabtu (10/7/2021).

Dituturkan Berlin, sistem buka tutup diberlakukan karena adanya pembangunan underbridge yang merupakan bagian dari proyek jalan tol Padang-Pekanbaru.

''Pengangkatan satu girder ke posisinya memakan waktu minimal sekitar 45 menit dan saat itu dilakukan penutupan jalan. Kemudian setelah selesai satu girder maka jalan dibuka selama satu jam,'' jelasnya.

Setelah itu, jalan dibuka lagi sehingga pengendara bisa kembali lewat. Kemudian setelah satu jam dilakukan lagi pengangkatan girder ke posisinya.

Kegiatan itu berulang sampai 12 unit girder dipasang, sehingga memakan waktu sekitar lima hari, ungkap Berlin.

''Jadi, memang itu melintang jalan, makanya kami melaksanakannya malam sampai pagi, itu bukan penutupan tapi buka tutup,'' imbuhnya.

Dia mengatakan, pengerjaan tidak akan mengganggu jalur lalu lintas. Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan dinas perhubungan provinsi.

''Kepada pengguna jalan kami mohon maaf, dan mohon dimaklumi,'' katanya.***