PEKANBARU - Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi, Arief Sulistyanto mengharapkan lulusan SPN Polda Riau bukan polisi karnaval yang menggunakan seragam polisi tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam melaksanakan tugasnya.

''Padi yang baik harus diperoleh dari bibit yang baik. Kalau sumbernya tidak baik, ya hasilnya tidak baik. Semua yang baik, lahir dari proses yang baik," ungkap Arief dalam siaran pers yang diterima GoRiau.com dari Humas Polda Riau, Jumat (28/2/2020).

Dikatakan, meski kondisi fasilitas SPN Polda Riau masih minim dan kurang, namun personel dan 203 siswa bintara Polda Riau harus mengikuti setiap proses dengan baik.

''Meskipun kondisi fasilitas SPN Polda Riau masih sangat minim dan serba kekurangan, namun proses diklat harus berkualitas,'' tegasnya.

Arief mengatakan, bagi personel yang akan berdinas di tengah-tengah masyarakat, harus tahu apa kewajiban yang harus dilakukan. Ia juga memutarkan video analogi, bahwa padi yang baik akan tumbuh dari bibit yang baik, petani yang baik, dan lahan yang baik. Padi ibarat para siswa, petani ibarat guru atau tenaga pendidik, dan lahan ibarat tempat pendidikan.

''Lulusan SPN Polda Riau bukan polisi karnaval, menggunakan seragam polisi tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam melaksanakan tugasnya di tengah masyarakat,'' harapnya.

Padi yang baik, tambahnya, harus diperoleh dari bibit yang baik. Kalau sumbernya tidak baik, ya hasilnya tidak baik. Dimana semua yang baik, lahir dari proses yang baik.

Arief juga mengingatkan, bahwa di tempat bertugas nanti, polisi-polisi muda akan menemukan banyak orang baik di internal maupun eksternal dengan berbagai sikap dan perilaku. Untuk itu, tetap harus konsisten dengan hal baik yang sudah diajarkan. Jangan menyimpang, karena akan jadi dosa, sebab sudah terikat sumpah kepada tuhan.

''Tanamkan dalam diri untuk menjadi polisi yang baik. Titi karier dan tanamkan cita-cita untuk menjadi perwira. Untuk jadi perwira itu harus sejak sekarang dan bukan 15 tahun lagi. Itulah visi, cita-cita untuk menjadi panduan dan koridor kita dalam bertugas. Siapkan diri untuk berkompetisi dengan sehat,'' tutupnya. ***