SIAK - Beberapa hari ini terakhir ini pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di beberapa Kecamatan Kabupaten Siak, Riau terus melakukan Swab Antigen kepada masyarakat. Kegiatan itu merupakan salahsatu upaya mendeteksi dini penyebaran virus Covid-19 dari warga yang terpapar namun tidak mendapatkan gejala.

"Persentase kasus Covid-19 di Kabupaten Siak cenderung terus menurun. Sehingga kini Siak PPKM level 3. Penurunan kasus ini juga terbantu dari kesadaran masyarakat untuk mau melakukan swab antigen," kata Sekretaris Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono, Selasa (24/08/2021).

Budhi juga memastikan, pemberlakuan PPKM akan tetap dilanjutkan di seluruh wilayah Kabupaten Siak. Hanya saja levelnya turun menjadi 3 karena kasus Covid-19 di Siak juga menurun. Pemberlakuan PPKM tetap dilaksanakan hingga tanggal 6 September 2021.

"Kita mengapresiasi kepada pihak Puskesmas yang telah mengupayakan pelaksanaan Rapid antigen di sejumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. Cara ini juga diharapkan memutus mata rantai Covid 19 di daerah,” pinta Budhi.

Budhi dengan tegas sangat mengharapkan peran serta kekompakan dari semua pihak dan masyarakat mentaati Prokes Covid-19 dengan menerapkan 4M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan anjuran pemerintah agar terhindar dari penularan virus Corona. (iwa)