JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menjadi salah satu kandidat calon presiden (capres) potensial yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Bahkan, nama putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu sering masuk dalam daftar kandidat Capres di berbagai lembaga survei.

Lalu, siapa yang cocok menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Puan Maharani?

Menanggapi hal ini, pengamat politik Emrus Sihombing menilai Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto layak mendampingi Puan dalam Pilpres 2024. "Saya berpandangan bahwa Puan Maharani menjadi Capres, Airlangga Hartarto menjadi pasangannya sebagai Cawapres," kata Emrus kepada GenPI.co belum lama ini.

Selain berkoalisi dengan Golkar, kata Emrus, PDIP juga harus berkoalisi dengan Gerindra. Sebab, Golkar punya jumlah kursi terbanyak kedua di DPR, sedangkan Gerindra merupakan popular vote.

"Makin banyak berkoalisi makin baik, tapi paling tidak tiga partai ini (PDIP, Golkar, Gerindra) hampir bisa dipastikan memenangkan Pemilu" imbuhnya.

Emrus pun meyakini pasangan capres dan cawapres yang diusung PDIP bersama Golkar dan Gerindra akan memenangkan kontestasi Pilpres 2024. ***