BANGKINANG, GORIAU.COM - Sejumlah petinggi perusahaan swasta dan BUMN mengagumi berbagai program Pemdakab Kampar yang berada di kawasan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Nyata, Kecamatan Siak Hulu, Kampar yang berada di sekitar lokasi Hotel Tiga Dara.

Salah satunya adalah Dirut PT Transmulticargo Batam Ronald Siregar yang menyatakan kawasan P4S adalah "laut" yang menghasilkan mutiara-mutiara berharga.

"Mutiaranya adalah SDM yang andal, bermanfaat bagi masyarakata lainnya untuk dapat berhasil menjadi orang sukses," kata Ronald saat berkunjung ke kawasan P4S Karya Nyata bersama Kepala Area PLN Pekanbaru Agustian dan ditemani Bupati Kampar Jefry Noer.

Ronal dan Agus peninjauan areal percontohan Desa Mandiri Pangan Energi, diklat jahit menjahit dan diklat P4S Kubang Jaya Siak Hulu yang langsung ditemani Bupati Kampar Jefry Noer, Rabu (25/3).

Mulai memasuki diklat jahit menjahit Jefry Noer langsung mejelaskan program yang telah dilaksanakan Pemdakab Kampar untuk para ibu-ibu rumah tangga yang menanggur.

"Diharapakan agar para ibu rumah tangga jangan kerjanya menggunjing sama tentangga tampa dapat apa-apa kecuali cuma dosa. Tetapi dengan goyang-goyang kaki akan menghasilkan uang sudah bisa menambah keuangan suami terbantu," kata Jefry.

Keluar dari jahit menjahit rombongan langsung ke lokasi percontohan Desa Pangan Mandiri Energi yang terletak tidak jauh. Di atas lahan seluas 1.000 meter persegi itu, terdapat seluruh tanaman, ternak dan bahkan energi yang dibutuhkan.

Agustian selaku Kepala Area PLN Pekanbaru juga mengaku kagum dengan program yang dijalankan Pemdakab Kampar. "Selama ini yang kita tahu, listrik dapat dialiri oleh Pembangkit Listrik Tenaga Uap, Air dan Diesel. Namun di Kamar cukup dengan kotoran sapi," katanya. (rls)