TAMBUSAI - Universitas Abdurrab (Univrab) bersama dengan Tim KBSBB, Rumah sehat Islamic Nurse dan Kompak mengadakan kegiatan khitan massal dengan tema Khitan Berkah, Khitan Ceria Bersama Mereka untuk Indonesia Sehat dimasa Datang.

Kegiatan khitan ini merupakan kegiatan pertama dari kepala pusat Abdurrab Berbagi dan Peduli di desa Batas, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu yang dilaksanakan, 26-27 Desember 2020.

"Khitan bukan hanya berkaitan dengan agama tetapi juga untuk mewujudkan kesehatan reproduksi laki-laki. Dengan melakukan khitan atau sunat, laki-laki akan tercegah dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan reproduksi , ungkap Ketua Pusat Abdurrab Berbagi dan Peduli, Ns Roni Saputra MKes.

Roni menjelaskan, khitanan diikuti 50 anak. Anak-anak sangat atusias mengikuti khinatan massal ini. Ekspresi anak-anak saat khitan pun beragam. "Mereka ada yang berteriak-teriak menahan sakit, ada pula yang hanya meringis menahan sakit. bahkan ada yang terlihat memegang orangtuanya dengan kuat agar tidak merasakan sakit," kata Roni.

Roni menjelaskan selain khitan massal juga dilaksanakan Shalat Subuh dan Isya berjama'ah, Tabligh Akbar oleh Ustad Yulihasman, pembagian Alquran, pembagian kain sarung dan makan kurma bersama.

"Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan membantu masyarakat desa Batas, Kecamatan Tambusai. Kami juga mengucapkan termakasih kepada para donator yang telah menyisihkan rezekinya. Hanya Allah yang bisa membalas kebaikan yang para donatur,” ucap mantan Ketua Prodi Keperawatan Univrab ini.

Dia mengajak, masyarakat agar mendonasikan kelebihan rezekinya. “Semoga kegiatan  berbagi dan peduli untuk tahap kedua bisa lebih banyak lagi masyarakat yang bisa kita bantu," sebut dosen Univrab menutup. (rls)