SIAK – Lima belas kampung di Kabupaten Siak, Riau ditetapkan sebagai pilot project Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) nasional oleh Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI).

Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) merupakan salah satu program pembinaan statistik sektoral pada tingkat desa. Dimana desa tidak lagi dianggap sebagai objek pembangunan, melainkan ditempatkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

GoRiau Wakil Bupati Siak, Husni Merza
Wakil Bupati Siak, Husni Merza menerima kunjungan Kepala BPS RI, Margo Yuwono, Jumat (20/5/2022).

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Siak, Husni Merza saat menerima kunjungan kerja Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) Margo Yuwono beserta rombongan di Kediaman Bupati Komplek Perumahan Abdi Praja, Jumat (20/5/2022).

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka mempererat hubungan kerjasama dan kelembagaan antara pemerintah daerah dengan Badan Pusat Statistik (BPS) RI.

GoRiau Wakil Bupati Siak, Husni Merza
Wakil Bupati Siak, Husni Merza dan Kepala BPS RI, Margo Yuwono dan rombongan berfot9 bersama di Kediaman Bupati Komplek Perumahan Abdi Praja, Jumat (20/5/2022).

Wakil Bupati Siak Husni Merza mengatakan, kunjungan kepala BPS pusat ke Kabupaten Siak dalam rangka membangun sinergi antara pemerintah daerah dengan BPS. Kemudian juga terkait pembaharuan data terpadu kesejahteraan sosial, serta mendiskusikan berbagai hal penting lainnya.

Wabup Husni juga menambahkan, BPS membuat program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang nantinya berlaku untuk seluruh desa/kampung se-Indonesia. Kabupaten Siak dalam hal ini mendapatkan program Desa Cantik untuk lima belas desa sebagai pilot project dari BPS.

"Tentunya ini sangat membantu pemerintahan kampung dalam menyusun program kedepannya, karena dari program tersebut, pemerintahan kampung akan mendapatkan data-data yang lebih akurat. Kita sangat mendukung program ini, mudah-mudahan program seperti ini lebih memantapkan program pembangunan,'' tutupnya. (advertorial)