PEKANBARU – Lima rumah di kawasan padat penduduk di Jalan HR Soebrantas, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Minggu (4/9/2022) hangus terbakar dilahap si jago merah sekitar pukul 10.30 WIB.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari korban dan saksi yang berada di lokasi, api diduga berasal dari salah satu kamar dan merambat dengan cepat. "Kami tak tau apa penyebabnya. Tiba-tiba api sudah membesar saja. Untungnya pemilik rumah segera menyelematkan diri," ucap salah satu saksi.

Sementara Komandan Regu Pos Tampan Damkar Pekanbaru, Syukri, mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. "Awalnya kami mendapatkan laporan dari masyarakat setempat melalui telepon. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," terang Syukri seperti dilansir dari Antara.

Untuk memadamkan api yang bergejolak, petugas Damkar Pekanbaru menurunkan tujuh armada menuju lokasi kejadian. Untungnya, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Dikarenakan jalan yang cukup ramai di akhir pekan dan lokasi kebakaran yang berada di gang kecil, Syukri menyebutkan hal ini menghambat proses pemadaman. "Jalan cukup ramai sehingga sempat macet. Selain itu pihak warga yang juga menumpuk di sekitar lokasi kejadian juga cukup menghambat proses pemadaman api," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, saat musibah kebakaran menimpa rumah dan kontrakan miliknya, Isteri Munir, Ketua RT 01/RW 28 Kelurahan Sialang Pungguk, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru sempat tertimpa plafon dan mengalami memar di wajah.

Selain Bu RT, salah satu anaknya juga sempat terkena sambaran api saat berusaha menarik ibunya dari dalam rumah. Demikian diungkapkan tetangga korban, Zilla kepada GoRiau.com, Minggu (4/9/2022) siang.

"Hanya mengalami luka ringan, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Saat kejadian kebetulan Pak RT sedang bekerja di Tapung, Kampar, jadi hanya Bu RT yang di dalam rumah bersama anaknya," ujarnya.

Menurut Zilla, Bu RT juga terlihat tegar dan ikhlas atas kebakaran tersebut. "Tadi Bu RT sempat bilang, 'Etek Ikhlas, semua pasti ada hikmahnya'," ujar Zilla menirukan ucapan Bu RT.

Hanya saja kata Zilla, Bu RT masih kebingungan dengan nasib 8 kucing peliharaannya. "Iya Ibu itu punya 8 ekor kucing, dan saat ini belum diketahui apakah terjebak kebakaran atau sudah pergi sebelum kebakaran," urainya. ***