PEKANBARU - Tim mahasiswa kuliah kerja nyata (Kukerta) kelompok 23 Universitas Abdurrab Pekanbaru, mengandeng warga di Jalan Pemuda Gang Replita 1, RT 04 RW 02 Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau sebagai mitra.

Kukerta selama beberapa minggu ini juga dilaksanakan dibawah bimbingan Dosen Rizal Effendi Putra, M.pd.

Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan tim Kukerta kelompok ini, diantaranya pada Rabu (11/08/2021), membantu warga dalam rangka pemasangan bendera di sepanjang jalanan Gang Replita 1. Tentunya seluruh kegiatan ini dilakukan dengan prokes yang ketat dan menerapkan 5M.

GoRiau
Lalu, pada Minggu (15/08/2021), tim Kukerta dan ditemani Ketua Pemuda setempat, melakukan edukasi terkait pencegahan dan antisipasi dampak Covid-19, membagikan masker dan vitamin C gratis kepada warga.

Selanjutnya, pada Rabu (18/08/2021), tim ini memberikan bantuan berupa sembako kepada lansia yang terdampak Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Ketua RT 04 RW 02, Gunawan mengatakan kegiatan Kukerta mahasiswa Universitas Abdurrab ini sangat berdampak positif. Terlebih lagi, selama ini lingkungan tersebut belum pernah dilakukan edukasi.

"Kami sangat berterima kasih kepada Tim Kukerta Universitas Abdurrab Pekanbaru ini," kata pria yang akrab disapa Pakde tersebut.

Kegiatan lalu berlanjut ke Rumah Bibit Pangan Lestari yang dikelola oleh ibuk-ibu kelompok tani RT 04. Di sana, para mahasiswa diajak untuk menanam sayur-sayuran yang bibitnya sudah disediakan oleh Ketua Kelompok Tani, Rohmah.

Di tempat terpisah, ketua pemuda setempat, Adi Sumarlin mengatakan bahwa program kerja yang dibawa oleh tim Kukerta Univrab ini berpengaruh baik bagi masyarakat sekitar.

"Program kerjanya sangat bagus sekali, sehingga terjalin hubungan yang baik. Kami pun akan dengan senang hati menerima kunjungan adek-adek kukerta Univrab ini apabila suatu hari nanti berkunjung ke sini," ungkapnya.

Hingga akhirnya, pada Senin (23/08/2021), tim Kukerta kelompok 23 ini berhasil menyelesaikan program kerjanya dengan baik. (rls)