SRINAGAR -- Masjid Pathar merupakan salah satu bangunan bersejarah dengan arsitektur luar biasa di wilayah Kashmir, India.

Dikutip dari Ihram.id yang melansirRising Kashmir pada Jumat (16/4), Masjid Pathar yang secara lokal dikenal sebagai Naev Masheed adalah masjid batu era Mughal yang terletak di kota tua Srinagar. Atau berada di daerah Zaina Kadal di tepi kiri sungai Jhelum tepatnya di seberang kuil Khanqah-e-Moula. 

Masjid ini konon dibangun pada 1623 M oleh Permaisuri Noor Jahan. Fasadnya terdiri dari sembilan lengkungan termasuk bagian melengkung di tengah. Yang unik, atap masjid ini terdiri dari dua puluh tujuh kubah. Dengan kubah tengah paling besar.  

Atapnya ditopang secara internal pada delapan belas kolom persegi yang sangat besar dengan proyeksi di dua sisi. Bagian bawah kolom dibangun dari batu dan bagian atas dari batu bata dilapisi dengan lapisan tebal plesteran kapur berwarna kuning.

Dinding dibangun dari pasangan bata, dengan lapisan plester kapur. Ruang shalat memiliki delapan belas shaf. 

Tiang-tiang terpasang di dua sudut luar pintu masuk. Alas tiang, yang sekarang sebagian besar berada di bawah tanah ditutup dengan penutup daun teratai. Sebuah tangga di pintu masuk memberikan akses ke ruang atas.***