TUAPEJAT - Tiga mahasiswa asal Kepualauan Mentawai, Sumatera Barat, yang menumpang pesawat Susi Air, mendarat di Bandara Rokot, Sipora, Mentawai, Jumat (10/4), sekitar pukul 08.30 WIB. Namun, di hari yang sama, ketiganya dikembalikan ke Padang untuk menjalani isolasi.

Dikutip dari okezone.com, ketiga mahasiswa tersebut kuliah di Jakarta dan Semarang. Mereka pulang ke Mentawai naik pesawat Susi Air dari Bandara Internasional Minangkabau.

Menurut juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin, ketiga mahasiswa asal Dusun Sao, Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan itu dikembalikan ke Padang oleh tim Gugus Tugas Kabupaten Kepulauan Mentawai setelah diketahui tiba di Mentawai melalui Bandara Rokot.

Tiga orang mahasiswa tersebut satu laki-laki dan dua perempuan, disuruh balik ke Padang untuk menjalani karantina sesuai dengan protokol penanganan Covid-19.

''Kita kembalikan mereka ke Padang untuk menjalani karantina, dan akan dilakukan pemantauan kesehatan di tempat yang sudah dipersiapkan tim Gugus Tugas Mentawai,'' katanya, Jumat (10/4/2020)

Untuk tempat karantina sementara, kata Lahmuddin, sudah disediakan tempatnya di Kantor Penghubung Pemda Mentawai di Jalan Azizi, Andalas Kota Padang.

''Mereka akan dikarantina selama 14 hari disana dan tim kesehatan akan terus memantau mereka,'' ujarnya.

Dia juga mengatakan pihak Gugus Tugas Mentawai sudah berkoordinasi dengan pihak otoritas Bandara Internasional Minangkabau (BIM) untuk tak lagi membawa penumpang ke Mentawai karena saat ini Kepulauan Mentawai sedang melakukan karantina wilayah untuk mencegah penyebaran virus corona.

''Sudah disurati tim Gugus Tugas agar tidak lagi membawa penumpang,'' pungkasnya.***