RENGAT, GORIAU.COM - Suroto, anggota legislatif terpilih dari Dapil II Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) terancam batal duduk di DPRD Inhu gara-gara bermain judi.

Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Nursyamsiah ketika dikonfirmasi, Kamis (17/7/2014), menyebutkan, bahwa pihaknya sudah melayangkan surat kepada KPU Inhu terkait penggantian Suroto tertanggal 19 Juni 2014 lalu perihal permohonan penggantian penetapan Caleg terpilih dengan nomor surat 024/DPC-HANURA/Inhu/VI/2014.

"Kita sudah layangkan surat ke KPU untuk segera diproses sesuai dengan aturan yang berlaku," sebutnya.

Surat pengajuan penggantian Suroto sebagai anggota legislatif terpilih sebagai tindak lanjut dari surat DPD Partai Hanura Riau nomor A/100/DPD-Riau/VI/2014 tanggal 14 Juni 2014 tentang tindakan tegas partai dan surat DPP Partai Hanura nomor 1/100/DPP-Hanura/Vi /2014 tentang persetujuan pemberian sanksi organisasi serta keputusan rapat pleno DPC Partai Hanura Inhu.

"DPD Riau juga meminta kita untuk mencabut kartu tanda anggota (KTA) yang bersangkutan, kerena tindakan yang dilakukan saudara Suroto sudah mencemarkan nama baik Partai," tutupnya.

Ketua KPU Inhu Muhammad Amin didampingi komisioner KPU Hendri A Saleh membenarkan pihaknya sudah menerima surat dari DPC Partai Hanura Inhu perihal permohonan penggantian Suroto.

Pihaknya, kata Muhammad Amin, akan mempelajari mekanisme penggantian anggota legislatif terpilih yang sudah ditetapkan KPU. "Kita tidak bisa memproses penggantian sebelum pelantikan kerena akan mempengaruhi proses administrasi," sebutnya.

Ditambahkan Hendri, mengacu pada Peraturan KPU, ada dua syarat anggota legislatif terpilih bisa dilakukan penggantian. Yaitu, mengundurkan diri atau meninggal dunia dan terbukti melakukan tindak pidana Pemilu dengan telah diputuskan dan telah memiliki keputusan hukum tetap dari pengadilan.

Untuk diketahui, Polres Inhu menangkap Suroto pada 6 Mei 2014 lalu sekitar pukul 14.00 WIB, saat bermain judi bersama 13 rekannya, termasuk di antaranya salah seorang kepala SD di Kecamatan Batang Cenaku.jef