PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Setelah tiga hari digelar Latihan Kader Amanat Dasar (LKAD) DPD PAN Pelalawan di Hotel Meranti, akhirnya Minggu kemarin (17/3), LKAD DPD PAN Pelalawan angkatan I tahun 2013 ditutup secara resmi oleh Ketua DPW PAN Provinsi Riau yang diwakili oleh Wakil Ketua DPW H Martius Busti. Pelatihan Kader yang diselenggarakan sejak Jumat (15/3/2013) hingga Minggu (18/3/2013) ini diikuti oleh sedikitnya 30 peserta Kader PAN.

Dalam sambutannya menutup LKAD tersebut, mewakili Ketua DPW PAN Provinsi Riau, Martius Busti mengatakan bahwa dengan berakhirnya LKAD ini maka diharapkan pada para peserta bisa semakin mantap untuk mengembangkan dan memperjuangkan PAN sebagai partai pilihan masyarakat pada Pemilu 2014 mendatang. Ditegaskan Martius, diharapkan kepada DPD PAN Pelalawan agar kiranya dalam empat (4) bulan ke depan dapat kembali melaksanakan acara yang sama.

"Sehingga dengan begitu, secara perlahan tapi pasti, tidak ada lagi pengurus yang tercantum di struktur PAN yang tidak mengikuti LKAD. Kita berharap, semua pengurus DPD telah mengikuti proses LKAD," tegasnya.

Merespon harapan DPW PAN Provinsi Riau itu, Ketua DPD PAN Pelalawan Nazzarudin Arnazh, mengatakan bahwa DPD siap untuk melaksanakan harapan tersebut. Nazzar juga menyampaikan harapan kepada para peserta LKAD yang telah ditempah selama 3 hari itu, agar benar-benar dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam keseharian di tempat para peserta itu.

"Sehingga kita berharap, tiada hari para Kader terus melakukan upaya penggalangan. Ilmu yang didapat saat LKAD, hendaknya menjadi budaya dalam diri para kader PAN," harap anggota Komisi A DPRD Pelalalawan.

Sementara itu, mentor dan Supervisi LKAD yang sengaja didatangkan langsung dari DPP PAN, yakni H Rendra Mirni, yang juga merupakan Instruktur Nasional, di kesempatan tersebut menyempatkan diri berkunjung ke Kantor DPD PAN Pelalawan yang berada di Jalan Akasia, Pangkalan Kerinci. Pada kesempatan itu H Rendra Mirni, menyampaikan perasaan bangga dan berkesan dengan LKAD yang dilaksanakan. Rendra juga acungi jempol atas kepengurusan DPD PAN Pelalawan yang didominasi oleh anak-anak muda yang masih berumur dibawah 40 tahunan, tentu ini merupakan suatu hal yang sangat positif.

"Patut kita berikan apresiasi atas LKAD yang ditaja oleh DPD PAN Pelalawan. Para pesertanya masih muda-muda dan sedang semangat-semangatnya. Ini merupakan salah satu aset PAN yang sangat berharga. Dengan usia yang masih muda tentunya masih enerjik. Jika enerjik tentunya PAN akan menjamah ke seluruh pelosok Kabupaten Pelalawan ini", ungkapnya.

Pasalnya, sambungnya, sebagai kader PAN maka para anggota harus berani bertanggungjawab serta harus memahami secara mendalam bahwa masa depan kita berada di tangan kita sendiri bukan ditangan orang lain.

"Masa depan bangsa ini berada ditangan bangsa ini, bukan di tangan bangsa lain. Demikian juga dengan partai yang kita cintai ini, masa depannya berada di pundak kita para kader. Oleh karena itu kita harus mampu menghadapi semua tantangan agar kita sebagai kader PAN sekaligus kader bangsa mampu mandiri, sehingga PAN mampu mengantarkan Negara ini ke dalam gerbang cita-cita yang dituju. Kader PAN dalam hidup dan kehidupan ini harus tegar, tidak boleh cengeng," tutupnya. (ilm)